x
Jumlah Penumpang Terus Meningkat, Bandara Pinang Kampai Segera Dikembangkan

Jumlah Penumpang Terus Meningkat, Bandara Pinang Kampai Segera Dikembangkan

Senin, 21 Agustus 2017
DUMAI-Rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Dumai akan segera terealisasi. Pertamina Refinery Unit II Dumai sudah melakukan rapat membahas rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai tersebut bersama Walikota Zulkifli AS dan instansi terkait, Jumat (18/8/2017) di Ruang Rapat Solar Main Office Pertamina lantai II areal kilang putri tujuh Dumai.

Seperti diketahui, jumlah masyarakat pengguna transportasi udara semakin lama kian meningkat. Ini diperkuat dengan data dari Kepala UPT Bandara Pinang Kampai Catur Hargowo.

Menurutnya, Bandara Pinang Kampai sekarang sudah melayani tiga maskapai penerbangan, yakni Trans Nusa dengan rute (Halim-Dumai) dan (Dumai-Halim), kemudian Wings Air dengan rute (Batam-Dumai-Medan) - (Medan-Dumai-Batam) - (Pekanbaru-Dumai) - (Dumai-Pekanbaru) selanjutnya Pelita Air dengan rute (Jakarta-Dumai) - (Dumai-Jakarta).

“Jumlah penumpang setiap hari rata-rata 200 orang. Artinya, peminat transportasi udara di Dumai cukup baik. Sayangnya, saat ini kondisi bandara masih sangat memprihatinkan, sehingga menimbulkan berbagai keluhan dari masyarakat pengguna yang tidak maksimal memperoleh pelayanan, baik dari luar Kota Dumai maupun warga tempatan yang menggunakan fasilitas jasa pelayanan bandara,” ungkap Catur.
 
 
Walikota Zulkifli AS rapat bersama Kepala UPT Bandara Pinang Kampai dan perwakilan Pertamina RU II Dumai serta instansi terkait. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com) 
 
Hal ini ditanggapi serius Pemko Dumai dan mendapat respon Pertamina RU II Dumai. Sebab bangunan bandara merupakan masih dalam status kepemilikan aset Pertamina RU II Dumai, maka Pertamina RU II Dumai mempunyai hak mutlak keseluruhan dalam mengembangkan, merenovasi serta menanggung biaya operasional Bandara Pinang Kampai hanya saja pengelolaannya yang dilaksanakan Pemko Dumai melalui Dinas Perhubungan. Tentunya atas dasar peraturan yang berlaku dan kesepakatan MOU kerjasama antara Pertamina dan Pemko Dumai.

Mengawali rapat pembahasan rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai ini, GM Pertamina RU II Dumai Mahendrata mengaku telah mempersiapkan rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai tersebut.

Pertamina telah mengundang Vice President Bagian Aset Pertamina Kantor Pusat Jakarta, Hermawan bersama tiam teknis yang akan melakukan pengembangan Bandara Pinang Kampai tersebut.
 
Aktivitas Bandara Pinang Kampai terus meningkat. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com) 
 
Sementara itu, Walikota Drs. H. Zulkifli AS mengatakan, secara umum Pemko Dumai mendukung sepenuhnya rencana pengembangan pembangunan Bandara Pinang Kampai ini dan berharap capat terealisasi agar masyarakat kota dumai segera menikmati fasilitas pelayanan transportasi udara dengan aman dan nyaman. Selain itu juga diharapkan bisa menambah pendapatan Kota Dumai. “Intinya semua pihak tidak ada yang dirugikan,” tegas Walikota.

Zul As menambahkan, mengenai teknis lapangan nantinya sudah diserahkan kepada instansi terkait Dinas Perhubungan dan Bagian Hukum Sekretariat Pemko Dumai secara prosedural untuk membantu proses rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai Dumai.
 
Walikota Zulkifli AS, memimpin rapat membahas pengembangan Bandara Pinang Kampai. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)
 
Rapat dihadiri Walikota Zulkifli AS, GM Pertamina RU II Dumai Mahendrata, Vice President Bagian Aset Pertamina Kantor Pusat Jakarta Hermawan beserta rombongan teknis, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Asnar, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kota Dumai Dr. Dede Mirza, SH. MH, Kepala Upt. Bandara Pinang Kampai Catur Hargowo dan pejabat Pertamina yang terkait.

Bandara PT Pertamina RU Dumai tersebut memiliki panjang runway 1.800 meter dengan lebar 30 meter dan luas appron 110 x 70 meter. Sementara luas parkir cukup untuk menampung sedikitnya lima puluh kendaraan roda empat dan tiga puluh kendaraan roda dua. (dika cahaya putra)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version