x
10.000 Pelajar di Kota Dumai Mengikuti Khatam Al Quran

10.000 Pelajar di Kota Dumai Mengikuti Khatam Al Quran

Rabu, 23 April 2014, 16:40:34
DUMAI-Sebanyak 10.000 siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK seluruh Dumai, Kamis (24/4) pagi mengikuti Khatam Quran yang digelar Dinas Pendidikan di Lapangan Bukit Gelanggang. Untuk menyukseskan Khatam Quran yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahunan 'Dumai Gemar Mengaji', Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya menggelar rapat bersama kepala SD, SMP dan SMA sederajat di Dumai. "Selasa kemarin, kita telah menggelar rapat bersama kepala sekolah. Rapat dilaksanakan untuk mensukseskan Khatam Quran yang akan digelar besok. Mudah-mudahan Khatam Quran bisa berlangsung lancar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Sya’ari, Rabu (23/4) lalu.

Sementara proses khatam dipimpin langsung Walikota Dumai, Khairul Anwar melalui kegiatan seremoni. Menurut Khairul, khatam quran merupakan wujud cetusan program Dumai Gemar Mengaji untuk menciptakan generasi muda lancar dan paham dalam membaca serta memaknai kandungan dalam ayat suci di Al Quran.

"Pemahaman baca dan memaknai isi al quran harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita, dan upaya ini kita wujudkan dengan memprogramkan Dumai Gemar Mengaji. Alhamdulillah tahun ini ada 10.000 pelajar yang sudah mengikuti khatam al quran," ujarnya.

Dijelaskan, pada khatam quran sebaiknya pelajar tidak berhenti dan merasa puas, sebab diharapkan harus terus belajar dan mendalami isi makna dari mukjizat Rasulullah SAW ini. Kegiatan khatam Al-quran diminta untuk terus dilancarkan dan diaplikasikan secara rutin oleh instansi terkait secara berkelanjutan untuk di masa selanjutnya, agar semakin banyak putra-putri daerah ini lancar dan tidak buta aksara.
 
"Saya berharap kegiatan ini mampu melahirkan generasi muda yang religius untuk mewujudkan misi daerah menuju kota yang agamis dan berbudaya melayu, sehingga instansi terkait diminta untuk terus menggalakkan program ini," katanya.
 
Walikota meminta Dinas Pendidikan menjadikan kegiatan khatam Alquran ini sebagai agenda rutin tahunan, denngan target sebanyak 15.000 pelajar pada tahun depan dikhatamkan. "Dumai gemar mengaji merupakan salah satu langkah untuk menciptakan generasi muda cinta dan paham isi kandungan dan nilai-nilai luhur dalam Al Quran, serta bisa diimplementasikan dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari," terangnya.

Program Dumai Gemar Mengaji bertujuan juga agar generasi muda memiliki rasa kasih sayang, hormat menghormati, berbudi pekerti tinggi sebagaimana nilai-nilai yang diajarkan dalam Al Quran. "Saat ini anak-anak dan remaja sedang tumbuh dan berkembang di tengah arus globalisasi dan liberalisasi yang dengan deras masuk dan mempengaruhi pemikiran para generasi muda melalui berbagai penjuru," ujarnya.

Dengan demikian, maka dengan terus meningkatkan dan mengajarkan nilai-nilai Alquran diharapkan akan mampu menjadi salah satu benteng untuk memfilter masuknya beberapa pemahaman yang bertentangan dengan nilai dan norma agama maupun sosial yang ada di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Dumai, H Syaari menambahkan, khatam Quran bertujuan untuk mensukseskan misi Dumai yang agamis dan berbudaya, meningkatkan nilai keimanan khususnya di kalangan pelajar. Selain itu, mencegah kehancuran moral dan kemerosotan akhlak para pelajar mengingat kurikulum Islam di sekolah sejauh ini masih terbatas, sehingga materi keislaman belum sepenuhnya disampaikan. "Kegiatan ini untuk menciptakan pelajar yang berlandaskan iman dan taqwa serta melahirkan pelajar yang cinta dan memahami kandungan Al-quran sebagai pedoman hidup," ungkapnya. (adv/hms)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version