x
19 Tahun Kuansing, Tenyata Masih Belum Miliki Ranperda Pengelolaan Aset Daerah
Paripurna DPRD Kuansing tentang Ranperda Pengelolaan Aset. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

19 Tahun Kuansing, Tenyata Masih Belum Miliki Ranperda Pengelolaan Aset Daerah

Senin, 17 Desember 2018, 13:27:52
KUANSING-Memasuki usia 19 tahun, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau ternyata masih belum memiliki Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah atau Aset.

Kondisi tersebut terungkap saat sidang paripurna DPRD Kuansing dengan agenda Jawaban Pemerintah tentang pandangan umum fraksi DPRD Kuansing untuk Ranperda tentang Aset Daerah, Senin (17/12/2018) pagi di Ruangan Paripurna DPRD Kuansing.

Sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sardiyono tersebut sempat molor sekitar satu jam dari jadwal pukul 10.00 Wib. Sempat pejabat Sekwan sibuk menghubungi anggota DPRD yang belum hadir agar sidang bisa kuorum.

Setelah Sekwan Mastur menyatakan anggota dewan sudah kuorum dengan kehadiran 20 orang dari 35 orang total anggota dewan, sidang paripurna langsung dibuka oleh Sardiyono didampingi Ketua DPRD Andi Putra dan Wakil Ketua Alhamrah serta Bupati Mursini.

"Proses Penyusunan Ranperda telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2011 dan Permendagri Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah," kata Bupati Mursini.

Setelah Ranperda ditetapkan menjadi Perda, menurut Mursini, tentu akan ada payung hukum bagi pemerintah untuk menginventarisir barang dan aset daerah yang akan dimanfaatkan pemerintah itu sendiri sesuai pasal 40 Ranperda tersebut.

Dikatakan, nantinya juga diatur tentang penghapusan barang milik daerah seperti tertuang dalam pasal 153 Ranperda serta petunjuk teknis yang akan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati.

Bupati juga menjelaskan tentang pembangunan tiga pilar Kuansing. Dimana pemerintah sudah melakukan langka kongkrit untuk melanjutkan bangunan tersebut, antara lain dengan membayar hutang pembangunan hotel dan Uniks yang sudah diaudit.

"Sedangkan untuk pasar tradisional baru selesai diaudit dan rencana pelunasan sudah dianggarkan pada APBD Perubahan 2018," tukasnya. (*)





Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version