x
2 Pengedar Narkoba di Riau Ditembak Mati, Polisi Musnahkan Hasil Sitaan
Pemusnahan barang bukti usai diamankan. (Foto:Tribunpekanbaru)

2 Pengedar Narkoba di Riau Ditembak Mati, Polisi Musnahkan Hasil Sitaan

Kamis, 07 November 2019, 14:28:11
PEKANBARU-Polisi menembak mati dua pengedar narkoba di Riau, masing-masing berinisial ASK dan DS. Bersama pelaku, polisi menyita narkoba jenis ganja, sabu-sabu, pil ekstasi dan happy five. 

Keduanya tewas dalam penangkapan dramatis yang berlangsung di kawasan Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, 18 Oktober 2019 lalu.

Tindakan tegas terukur terpaksa dilakukan petugas, karena dua pelaku melakukan perlawanan saat akan ditangkap. Mereka melakukan perlawanan terhadap petugas dengan cara menembak menggunakan pistol revolver.

Diduga kuat, keduanya merupakan bagian dari jaringan narkoba internasional. Petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau kemudian memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 4,8 kilogram, Kamis (7/11/2019). Selain 4,8 kg sabu, petugas turut memusnahkan 65 kilogram ganja kering.

Narkotika jenis ini disita petugas dari dua tersangka yang sama-sama berinisial F. Penangkapan terhadap keduanya berlangsung 28 Oktober 2019 di kawasan Jalan Lintas Pekanbaru-Duri, tepatnya dekat Simpang Bingung, Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai.

Barang bukti ganja didapatkan saat petugas melakukan penggeledahan terhadap mobil yang mereka kendarai. Sebanyak 60 paket ganja siap edar, berhasil diamankan. Yang mengejutkan, mobil tersebut ternyata sudah dimodifikasi. Bagian lantainya dibuat menjadi ruang tempat penyimpanan ganja.

Kemudian ada banyak laci-laci, serta tempat menyimpan botol minuman keras dan gelas-gelas mirip mini bar. Puluhan kilogram ganja kering ini dibawa dari Aceh, dengan tujuan Provinsi Jambi.

Namun belum lagi sampai ke tujuan, aparat dari Direktorat Reserse Narkoba yang bergerak cepat, berhasil menghentikan langkah kedua kurir tersebut. Untuk narkotika jenis ganja kering, dimusnahkan dengan cara dibakar di beberapa tong bekas drum.

Selain narkotika di atas, barang haram lainnya jenis sabu, pil ekstasi dan happy five juga dimusnahkan.

"Narkoba ini hasil penangkapan kita di beberapa lokasi. Ganja kering setelah ditimbang totalnya sekitar 65 kg, sabu 5.738 gram, happy five total 3.766 butir, dan ekstasi 214 butir," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Suhirman saat memimpin pemusnahan barang bukti.

Dia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah banyak membantu dalam pengungkapan kasus narkoba. Terutama dalam hal memberikan informasi yang akurat. "Terima kasih kepada masyarakat Riau yang sudah sangat membantu kinerja polisi dalam pengungkapan kasus narkoba ini," sebutnya.

"Harapan kami, kerjasama ini agar tetap terbina, informasi sangat kita tunggu. Mari kita saling bekerjasama, demi bisa menekan peredaran gelap narkoba," sambungnya.

Khusus untuk penangkapan di Dumai yang menyebabkan kedua tersangka meninggal dunia, Suhirman menyatakan, tindakan tegas terpaksa diambil petugas. Karena kedua tersangka melakukan perlawanan dengan senjata api.

"Dengan berat hati, kami harus berikan tindakan tegas. Ke depan kami tetap konsisten memberantas narkoba. Kepada siapa pun yang melakukan perlawanan, kami tidak ragu-ragu untuk mengambil tindakan tegas," tukasnya. (*) 



  
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version