x
Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadan, PPID Inhu Tinjau Persediaan Bahan Pokok
Harga sembako di Inhu mulai naik jelang Ramadan. (Foto:Istimewa)

Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadan, PPID Inhu Tinjau Persediaan Bahan Pokok

Kamis, 02 Mei 2019, 12:48:44
INDRAGIRI HULU-Tim PPID Kabupaten Inhu, Riau, Kamis (2/5/2019) meninjau harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi harga dan pasokan barang pokok di pedagang.

"Tim PPID Inhu terdiri dari Asisten II Bidang Perekonomian bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah turun ke Pasar Rakyat Rengat untuk meninjau ketersediaan dan harga bahan pokok masyarakat," kata Sekdakab Hendrizal yang merupakan Ketua Tim PPID Inhu Hendrizal kepada FokusRiau.Com, Kamis siang.

Dikatakan, hasil laporan tim PPID Inhu diketahui harga bahan pokok mengalami kenaikan signifikan. Kenaikan terjadi pada komoditi bawang putih. Dimana sebelumnya harga bawang putih Rp28.000 perkilogram, sekarang naik dua kali lipat.

Begitu juga dengan harga lainnya turut mengalami kenaikan, seperti daging ayam yang naik antara Rp4.000 sampai Rp5.000 perkilogram. Untuk menstabilkan kenaikan harga, pemerintah akan bekerjasama dengan Bulog menggelar bazar murah di setiap kecamatan. 

"Memasuki bulan puasa, tingkat konsumsi masyarakat cenderung meningkat. Karena itu, upaya antisipasi harus dilakukan sejak dini untuk memastikan kalau ketersediaan bahan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tak ada lonjakan harga," tukasnya.

Dikatakan, bila ketersediaan bahan pokok tidak sesuai kebutuhan, tentu mengakibatkan lonjakan harga. Untuk itu, diharapkan kerjasama dengan distributor dan pengusaha untuk menjaga ketersediaan barang pokok selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala Disperindag Inhu Hikmat Praja mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan harga di Pasar Rengat, Seberida Pasir Penyu, Lirik dan Pasar di Pranap. “Kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait dalam mengantisipasi ketersediaan pasokan di bulan puasa," tukasnya. (*)







Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version