x
Asap Karhutla Kian Pekat di Riau, Pemerintah Berencana Gelar Salat Istisqa
Kondisi Kota Pekanbaru ditutup kabut asap. (Foto:Istimewa)

Asap Karhutla Kian Pekat di Riau, Pemerintah Berencana Gelar Salat Istisqa

Rabu, 11 September 2019, 06:21:27
PEKANBARU-Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kian pekat di sebagian wilayah Riau. Di Pekanbaru saja, jarak pandang hanya tersisa 800 meter. Pekatnya kabut asap membuat kualitas udara di Riau menjadi tidak sehat.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Riau berencana melaksanakan salat sunah Istisqa atau salat meminta hujan di halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (11/9/2019) pukul 07.30 WIB.

Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution mengatakan, salat Istisqa bertujuan meminta hujan kepada Allah SWT. "Insya Allah, salat istisqa akan kita laksanakan Rabu besok. Kita harus mensinergikan antara doa dan usaha fisik dalam penanggulangan kebakaran lahan," ujar Edy di Posko Karhutla, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa kemarin.

Selain Aparatur Sipil Negara ASN), Edy mengajak masyarakat ikut salat Istisqa berjamaah. Doa bersama diharapkan dikabulkan Allah SWT dan hujan bisa turun membasahi bumi Riau dan menghilangkan asap.

"Kita bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diturunkan hujan, agar kebakaran lahan padam dan kabut asap pun hilang," ucap Edy.

Sebelumnya, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru sudah menginstruksikan Dinas Pendidikan untuk meliburkan aktivitas belajar mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Hal itu dikarenakan kabut asap kian pekat di Pekanbaru dan wilayah lainnya di Riau. 

Karhutla saat ini masih terus berlangsung sejumlah daerah, seperti Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar dan Bengkalis. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com 
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version