x
Bagian Protokol Sekdako Pekanbaru Miliki THL Terbanyak, Berikut Rinciannya
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

Bagian Protokol Sekdako Pekanbaru Miliki THL Terbanyak, Berikut Rinciannya

Selasa, 25 September 2018, 11:30:12
PEKANBARU-Wacana pemangkasan jumlah Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemko Pekanbaru terus bergulir. Dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, Sekretariat Pemko Pekanbaru menjadi salah satu target yang akan dievaluasi.

Dari 12 Bagian di Sekretariat, Bagian Protokol dan Humas menjadi penyumbang terbanyak THL. Sementara Bagian Umum dan Bagian Barang Jasa masih belum memberikan data lengkap soal jumlah THL-nya.

Data yang diperoleh menyebutkan, THL pada Bagian Humas dan Protokol mencapai 38 orang, sementara jumlah PNS hanya 12 orang. Untuk Bagian Hukum dan Perundangan-undangan memiliki empat THL dan 7 PNS. Bagian Kesejahteraan Rakyat terdapat 16 THL dan enam PNS. Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah enam THL dan 11 PNS.

Selanjutnya, Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat ada enam THL dan delapan PNS, Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam ada satu THL, satu Magang dan delapan PNS.

Bagian Administrasi Pembangunan ada empat THL, (dua THL dari Umum) dan tujuh PNS, Bagian Infrastruktur ada tiga dan empat PNS, Bagian Tata Usaha dan Pimpinan tidak ada THL dan hanya ada 11 PNS, Bagian Organisasi ada dua THL dan sembilan PNS.

Plt. Kepala Bagian Umum Setdako Pekanbaru Edi Suherman saat dikonfirmasi mengenai jumlah THL di bagiannya mengaku masih mendatanya. "Kita masih mendata jumlah THL. Untuk jumlah pastinya, nanti kita laporkan ke Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)," kata Edi, Selasa (25/9/2018).

Edi beralasan, pihaknya masih mendata jumlah THL karena beberapa ada yang ditugaskan di rumah dinas Walikota, Wakil Walikota dan ditempatkan di 14 gedung lainnya.

"Kita ada tempatkan Cleaning Servis (CS) di 14 gedung yang ada di Pemko Pekanbaru. Selebihnya ada yang kami tugaskan di rumah dinas walikota dan wakil walikota. Nah, saat ini saya sudah perintakan staf untuk menghitung seluruh THL yang ada di Bagian Umum," ujarnya.

Di tempat terpisah, Plt Kepala Bagian Hukum Syamsuir mengatakan, keberadaan THL di bagiannya sudah lebih dari cukup. "Yang dibutuhkan di bagian hukum, malah idealnya yang berstatus PNS. Jika sekarang ada 7 orang, maka idealnya bisa lebih," katanya.

Di sisi lain, Kepala Bagian Infrastruktur Azhar menyebut, jika di bagiannya lebih membutuhkan jumlah PNS jika dibandingkan THL. "PNS yang sekarang kan ada 4 dan THL 3. Tapi untuk idealnya berdasarkan beban kerja di OPD, menurut pemikirian saya, kurang lebih 10-13 PNS lah. Apalagi dilapangan kan banyak kerja dan kami sifatnya melakukan koordinasi dengan beberapa OPD," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Organisasi Multachdi mengatakan, keberadaan dua THL di bagiannya dipekerjakan untuk mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi dan komputer. "Yang jelas, dengan jumlah THL dan PNS yang ada saat ini, kita masih mampu bekerja," tukasnya.

Saat disinggung berapa idealnya, kebutuhan jumlah PNS yang seharusnya bekerja di bagian yang dipimpinnya, Ia hanya menjawab diplomatis. "Kalau ditanya idealnya, nanti kaitannya dengan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Tak bisa kita rasa-rasa," tukasnya. (*)





Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Cakaplah
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version