x
Bahas Strategi dan Persyaratan Pileg 2019, PSI Pekanbaru Rapat Konsolidasi Kader
PSI Kota Pekanbaru menggelar rapat konsolidasi. (Foto:Andi Affandi/FokusRiau.Com)

Bahas Strategi dan Persyaratan Pileg 2019, PSI Pekanbaru Rapat Konsolidasi Kader

Rabu, 13 Juni 2018, 15:43:18
PEKANBARU-Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Kota Pekanbaru menggelar konsolidasi kader dan berbuka bersama dengan para pengurus DPD dan DPC se-Pekanbaru, Senin sore. Pertemuan berlangsung dalam suasana akrab itu diikuti puluhan bacaleg PSI di Pekanbaru.

Acara dimulai usai berbuka puasa di Hotel Furaya Pekanbaru membahas seputar persyaratan pencalegan yang diwajibkan KPU maupun DPD PSI yang harus dipenuhi bacaleg. Pada kesempatan itu dipaparkan strategi pemenangan untuk bacaleg agar dapat meraup suara maksimal di pemilu legislatif 2019 mendatang.

Ketua DPD PSI Pekanbaru Karnoto Gondo Suwandiko dalam penyampaiannya mengatakan, saat ini bacaleg yang mendaftar di PSI sudah over kapasitas. Dari kuota sebanyak 45 orang yang mendaftar ke PSI Pekanbaru saat ini sudah mencapai 50 orang lebih.

"Ini menunjukkan PSI memang dipercaya dan mendapat tempat di hati masyarakat," kata Karnoto.

Namun begitu, DPD PSI Pekanbaru sendiri juga masih kekurangan bacaleg perempuan, di mana disyaratkan jumlah keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di setiap daerah pemilihan.

Selain itu, di setiap dapil DPD PSI juga harus memenuhi kuota caleg yang tersedia. "Jika di dapil itu kuota calegnya 6 orang, maka itu harus dipenuhi. Jika kurang, maka KPU akan menganggap tidak ada caleg PSI dari dapil tersebut," terangnya.

Untuk merih suara maksimal, seluruh caleg sebut Karnoto harus berjuang secara kolektif dan saling membantu secara totalitas seluruh caleg.

Sementara, Sekjen DPD PSI Pekanbaru Bakhtiansyah yang memandu acara juga menyampaikan berbagaai persyaratan dan tes yang harus dipenuhi setiap individu bacaleg.  Seperti tes keshatan, bebas narkoba dan lainnya yang wajib diikuti bacaleg.

Ditegaskan, tanggal 30 Juni mendatang, seluruh persyaratan administrasi ini sudah harus diserahkan bacaleg kepada DPD PSI Pekanbaru. Untuk memudahkan bacaleg, DPD PSI Pekanbaru akan melakukan serangkaian tes ini secara serentak yang diikuti oleh seluruh bacaleg.  "Untuk memudahkan bacaleg dan juga menghemat waktu," papar Tian, sapaan akrab Bakhtiansyah.

Dijelaskan, bagi bacaleg DPD PSI Pekanbaru melakukan uji kelayakan, apakah yang bersangkutan nantinya benar-benar pantas mengemban aspirasi masyarakat.

Ketua DPC PSI Tenayan Raya, Arhamizi yang terlebih dahulu telah menyelesaikan serangkaian tes administrasi memaparkan, tidak butuh waktu lama untuk pengurusannya jika bacaleg sudah melengkapi persyaratan untukmengikuti tes. "Hanya butuh waktu dua hari saja dalam mengikuti serangkaian tes ini," ulasnya. (*)
 
 
 
 
Penulis : Andi Affandi
Editor : Andi Affandi 
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version