x
Begini Cara Mendesain Ruang Keluarga Nyaman, Dekat Teras Samping atau Belakang Rumah
Desain ruang keluarga. (Foto:Idea.grid.id)

Begini Cara Mendesain Ruang Keluarga Nyaman, Dekat Teras Samping atau Belakang Rumah

Selasa, 05 Februari 2019, 14:59:24
PEKANBARU-Ruang keluarga merupakan bagian di interior rumah yang sangat penting. Ruang keluarga ini seperti rumah di dalam rumah. Anggota keluarga dibuat senyaman mungkin saat momen berkumpul di ruang tersebut. Desainnya menjadi faktor utama menjawab selera penghuni rumah.

Arsitek dan Desainer Interior, Parlindungan Ravelino mengungkapkan, sebagian orang menjadikan ruang keluarga adalah tempat privasi. "Tidak semua tamu bisa masuk ke ruangan ini," katanya.

Parlin, begitu sapaan akrabnya mengungkapkan, bagian rumah tempat menerima tamu bisa di ruang tamu, teras atau pekarangan. Sedangkan ruang keluarga atau biasa disebut living room, terletak dipisahkan ruangan lain seperti kamar.

"Kalau yang berhijab, mungkin di ruangan keluarga bisa lepas jilbab kalau yang laki, di situ bisa pakai celana pendek atau singlet," kata Parlin mencontohkan. 

Meski begitu, banyak juga yang menempatkan ruang keluarga hanya dipisahkan sekat dengan ruang tamu. Ketua Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) ini menjelaskan, ruang keluarga yang dijadikan tempat privasi. Menurut dia, ruang keluarga disarankan terletak di dekat teras samping atau belakang.

Sehingga agak jauh dari ruang tamu. "Ruang keluarga biasanya agak ke dalam," ujar pemilik Tata Living Design dengan akun Instagram @tata.living ini. Ditambahkan, ruang keluarga tidak perlu tertutup atau menggunakan pintu. Menurut dia, cukup dengan sekat atau partisi dan rak.

Parlin menjelaskan, bentuk rumah yang memanjang justru lebih mudah mengatur posisi ruang keluarga. Sedangkan jika interior melebar, penempatannya mesti diupayakan tidak terlihat langsung dari ruang tamu.

Dikatakan, posisi ruang keluarga akan lebih baik memiliki jendela dan dekat pintu samping atau belakang. Ini gunanya agar sirkulasi udara dari luar lancar dan membuat betah. Sebab, penghuni rumah sering ingin berlama-lama di ruang keluarga. "Lebih penting lagi jangan mengarah ke matahari sore. Supaya nggak panas," ujarnya.

Ruang keluarga lebih sering dipakai tempat bersantai di sore hari sepulang kerja sampai malam. 

Perhatikan Akses ke Stop Kontak 
Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di ruang keluarga. Tempat berkumpulnya anggota keluarga, menonton TV, bermain Gadget, bahkan bermalas-malasan. "Ruang keluarga ibaratnya, tempat sebelum masuk kamar (untuk tidur)," ungkap Parlin.

Dikemukakan, akses ke stop kontak lebih diperhatikan pemilik hunian. Selain menonton TV, anggota keluarga juga menghabiskan waktu dengan bermain Gadget dan Laptop. Waktu bersantai dihabiskan dengan tiduran atau berselonjor di karpet atau sofa. "Karpet dan Sofa tentu berbahan yang lembut," kata Parlin.

Ditambahkan, sofa sebaiknya multifungsi. Selain untuk selonjor, juga dapat sebagai tempat tidur. Menurut Parlin, meja di ruang keluarga sebaiknya tidak terlalu besar. Jika sempit, meja dapat ditempatkan di sudut. Meja digunakan tempat minuman dan minuman ringan. Meja dengan rak di bawah, bisa juga menjadi tempat penyimpanan album foto, majalah maupun bacaan lainnya. (*)



 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version