x
Begini Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Ramuan Daun Sirih

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Ramuan Daun Sirih

Selasa, 28 Mei 2019, 09:37:12
PEKANBARU-Sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia. Sirih tumbuh dengan merambat atau dengan bersandar pada batang pohon lain. Sirih juga merupakan jenis tanaman yang terkenal sebagai obat herbal dan termasuk juga ke dalam jenis tanaman obat, karena dipercaya ampuh mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. 

Di Indonesia, sirih merupakan jenis tanaman khas kepulauan Riau. Masyarakat Riau memiliki budaya upacara makan sirih, terutama saat penyambutan tamu. Meski demikian, sirih juga banyak kita jumpai di seluruh indonesia dan terkadang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Berbagai jenis kandungan yang terdapat dalam daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi mimisan saja, daun sirih juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Tidak terkecuali jerawat.

Jerawat merupakan masalah nomor satu yang terjadi pada kulit, terutama kulit wajah. Baik pria maupun wanita hampir seluruhnya mengalami masalah jerawat ini. Seperti halnya tamu yang tidak dindang, jerawat bisa datang kapan saja dan terhadap siapa saja. 

Terlebih terhadap kulit yang berminyak, kotor, maupun terhadap kulit sensitif. Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah jerawat dan kebingungan mencari cara aman untuk menghilangkannya, cobalah untuk menggunakan daun sirih.

Dan sirih mengandung tiga zat aktif yang memiliki manfaat baik untuk masalah perawatan kulit. Seperti, zat eugenol yang berfungsi sebagai penangkal jamur yang menghambat pertumbuhan sel penyebab munculnya jerawat. 

Zat antiseptic yang mampu membunuh secara langsung bakteri maupun kuman-kuman penyebab jerawat. Serta zat anbakterial yang mampu mencegah pertumbuhan jerawat yang diakibatkan oleh sel-sel mikroba merugikan, yang mengganggu metabolisme kulit wajah.

Dengan beberapa kandungan aktif dari daun sirih tersebut, menjadikan daun sirih mampu mengatasi masalah jerawat Anda. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa menggunakan cara tradisional lebih efektif dan aman digunakan untuk metode pengobatan. Nah untuk cara pengolahannya, Anda dapat mengikuti cara seperti di bawah.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Ramuan Daun Sirih:
1. Siapkan daun sirih segar 10 helai, garam secukupnya dan segelas air hangat
2. Tumbuk daun sirih tersebut hingga benar-benar halu
3. Setelah itu campurkan tumbukan ke dalam segelas air dan tunggu air berubah hijau
4. Jika sudah, saring daun sirih dan campurkan dengan garam
5. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu
6. Kemudian, oleskan ramuan pada kulit wajah Anda secara merata
7. Diamkan kurang lebih selama 30 menit lalu bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

Itulah cara membuat ramuan daun sirih untuk menghilangkan masalah jerawat. Namun sayang, daun sirih masih belum terbukti secara imliah mampu menghilangkan jerawat. Sehingga masih sangat diragukan keberhasilannya. Maka, jangan salah langkah untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Karena kulit terutama jerawat merupakan penampilan utama yang dapat mendatangkan percaya diri. (*) 




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Beritaharianmu.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version