x
Bersama Karang Taruna, Pemcam Tebingtinggi Timur Bedah Rumah Warga Kurang Mampu
Rumah Ruspanida akan dibedah Tim Reaksi Cepat Tebingtinggi Timur. (Foto:Syafrizal/FokusRiau.Com)

Bersama Karang Taruna, Pemcam Tebingtinggi Timur Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Minggu, 12 Mei 2019, 15:32:48
MERANTI-Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur bekerjasama dengan Karang Taruna membuat program bedah rumah. Kegiatan sosial ini dalam rangka membantu warga kurang mampu dan diagendakan setiap bulan.

Camat Tebingtinggi Timur Rayan Pribadi SH menyebut, bedah rumah perdana dimulai tanggal 13 Mei 2019. Adapun sasarannya adalah janda anak dua, Ruspanida (40) warga Dusun Beringin RT06 RW03 Desa Sendanu Darul Ihsan.

"Tim Reaksi Cepat yang dibentuk Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T) bersama Karang Taruna Kecamatan 3T dan Pemdes Sendanu Darul Ihsan (SDI) sudah berkunjung ke rumah Ibu Ruspanida. Kita melihat langsung kondisi rumahnya," kata Rayan, Minggu (12/5/2019).

Hasil kunjungan itu, menurut Rayan, terlihat jelas rumah janda dengan dua anak tersebut tak layak ditempati. Dimana hanya ada tiang dan atap. Hanya berlantaikan tanah, dinding ditutupi terpal, tanpa jendela dan pintu.

"Kalau hujan, angin berhembus dari kiri, keluarga ini pindah ke kanan, begitu sebaliknya. Atau pindah ke dapur yang juga sangat memprihatinkan," ujarnya.

Bedah rumah ini merupakan program sosial bekerjasama dengan Karang Taruna. Mereka juga mencari dan menerima sumbangan dari semua pihak yang ingin ikut andil dalam beramal. Selain itu, juga melibatkan pendamping desa, kepala desa, dan masyarakat.

"InsyaAllah, besok (Senin 13 Mei 2019), tahapan bedah rumah sudah dimulai. Ditargetkan dapat ditempati beberapa hari menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. Doakan Kami agar mampu menuntaskan misi mulia ini," kata Rayan. 

Dengan ini, Rayan berharap ibu dua anak yang sejak 8 tahun lalu ditinggal pergi suaminya itu dapat menikmati rumah tersebut pada saat lebaran. Diharapkan juga rumah tersebut nantinya memberikan kebahagiaan dan tidak was-was saat malam hari ketika turun hujan sebagaimana keluarga lainnya.

"Atas nama Pemerintah Kecamatan 3T, Kami mohon maaf, karena baru saat ini rumah Ibu Ani terperhatikan. Mohon ikhlaskan atas kelalalain kami selama ini," ujar Rayan.

Selain menyiapkan rumah, Pemcam Tebingtinggi dan Karang Taruna juga memberikan peralatan kerja untuk Ani. Seperti cangkul, parang, dan sebagainya. Selain itu, bagi anak-anak yang masih sekolah, akan diberikan seragam kalau memang tak layak lagi untuk dipakai.

Mendapat kunjungan dari TCR Tebingtinggi Timur ini, Ruspanida tak kuasa menahan rasa haru. Matanya berkaca tatkala mendengar maksud dan tujuan tim mengunjungi gubuknya. Ruspanida tak pernah terfikir akan mendapat bantuan tersebut. 

"Terima kasih kepada Pak Camat (Rayan Pribadi), dan semuanya. Semoga Allah SWT membalas amal kebaikan ini dengan pahala berlipat ganda," doa Ruspanida untuk tim bedah rumah Tebingtinggi Timur.  (*)




Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version