x
BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Terjadi Medio Januari-Februari
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Terjadi Medio Januari-Februari

Kamis, 03 Oktober 2019, 07:54:25
JAKARTA-Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indra Gustari menyampaikan, curah hujan akan mengalami peningkatan pada Oktober hingga November. Hal tersebut menyusul kemarau yang cukup panjang akhir-akhir ini.

"Sedangkan Januari dan Februari akan menjadi puncak curah hujan," ujar Indra di Kantor BNPB Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Ditambahkan, prediksi Oktober, curah hujan hanya akan ada di level rendah hingga sedang. Curah dengan level sedang akan terjadi di Indonesia bagian utara.

Ketika membahas prediksi hujan hingga enam bulan ke depan, menurut dia, curah hujan akan mulai merata pada November. Dia menegaskan, curah hujan selama November di Jawa juga akan memiliki kriteria menengah.

Desember mendatang, curah hujan di sebagian besar wilayah sudah lebih besar. "Januari dan Februari memang puncaknya. Tapi Februari hingga Maret curah hujan semakin meningkat di beberapa wilayah, meskipun diperkirakan untuk Sumatra akan lebih menurun intensitasnya," kata dia.

Indra menegaskan, pernyataan tersebut merupakan perkiraan BMKG hingga satu bulan ke depan. Selama Oktober ini, daerah yang berpotensi hujan adalah Aceh, Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sumatra serta Papua. "Oktober ini intensitas hujan di wilayah Lampung masih rendah," katanya.

Khusus untuk satu pekan ke depan, hujan lebat akan mulai dialami Indonesia bagian utara. Selain itu, dari prakiraan tersebut, dia memaparkan potensi gelombang tinggi (2,5-empat meter) cenderung akan terjadi di Indonesia bagian timur dan samudera Hindia. 

"Waspadai curah hujan tinggi di wilayah Aceh, Sumatra Utara dan Papua selama Oktober ini," tukasnya. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version