x
BPBD Bengkalis Gelar Diklat Dasar Rescue Penanggulangan Bencana
Peserta mendengarkan pemaparan narasumber. (Foto:M Rafii/FokusRiau.Com)

BPBD Bengkalis Gelar Diklat Dasar Rescue Penanggulangan Bencana

Senin, 18 November 2019, 15:30:02
BENGKALIS-Untuk meningkatkan keterampilan petugas penyelamat atau rescue dalam menjalankan tugas penanggulangan bencana di Bengkalis, Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) dasar Rescue penanggulangan bencana tahun 2019.

Diklat diikuti 45 tenaga rescue BPBD dari 9 kecamatan dan berlangsung 5 hari mulai 18-22 November mendatang. Pembukaan berlangsung di Aula Hotel Panorama Bengkalis, Senin (18/11/2019).

Tampak hadir pada pembukaan tersebut, Kalaksa BPBD Bengkalis Ir Tajul Mudarris ME, Kabid Kedaruratan BPBD Propinsi Riau Jim Gofar Ap Msi dan Koordinator Posar Bengkalis Basarnas Tranpiranto.

Tajul Mudaris Meminta peserta mengikuti pelatihan dengan baik. "Segala bentuk bencana yang muncul, baik banjir, kebakaran hutan maupun gempa bumi menjadi tugas dan fungsi BPBD. Sehingga diperlukan komitmen petugas rescue dalam melaksanakan tugas penanggulangannya," kata Tajul.

Dikatakan, tujuan pelatihan untuk menjadikan anggota Rescue terdidik dan terlatih. Sehinga mewujudkan sistem kerja profesional dalam penanggulangan bencana," tukasnya.

Kabid Kedaruratan BPBD Riau sekaligus narasumber pelatihan Jim Gafur mengatakan, ini merupakan kesempatan BPBD Propinsi untuk menyampaikan materi manajemen bencana serta hal penting lainnya, terkait tugas rescue di lapangan.

"Ini kesempatan BPBD Riau menyampaikan manajemen bencana, karena peserta adalah tenaga baru. Maka kita kenalkan apa itu bencana dan Undang-undang yang memayungi penanggulangan bencana," ujarnya.

Koordinator Posar Bengkalis sekaligus narasumber pelatihan Tranpiranto  mengatakan, Basarnas akan memberikan materi penyelamatan di air dan praktikal. Sehingga bila ada kejadian di air, peserta bisa melakukan respon cepat dengan ilmu dasar pertolongan di air yang diberikan pada pelatihan ini. (*)




Penulis: M Rafii
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version