x
BRG Ingatkan Soal Prediksi Kemarau Panjang Hantui Riau 2020
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

BRG Ingatkan Soal Prediksi Kemarau Panjang Hantui Riau 2020

Minggu, 15 Desember 2019, 12:45:13
PEKANBARU-Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead memprediksi, Provinsi Riau akan mengalami kemarau panjang sampai tujuh bulan di tahun 2020 mendatang.

"Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), tahun 2020 khusus di Riau diperkirakan akan ada tujuh bulan musim kemarau. Dari 12 bulan hanya lima bulan basah, selebihnya kering," kata Nazir, Sabtu (14/12/2019) di Pekanbaru.

Dijelaskan, musim kering pada 2020 diprediksi akan terjadi empat bulan pertama di awal tahun sejak Februari. Setelah itu, Riau akan memasuki musim penghujan dan diprediksi kembali dilanda musim kering pada Agustus hingga Oktober 2020.

Dikatakan, kondisi kemarau yang melanda Riau lebih lama dibandingkan dengan 2019. Padahal, pada 2019 provinsi Riau sudah cukup parah dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat dua kali periode musim kemarau melanda wilayah itu.

"Kebakaran 2019 yang lumayan mengagetkan kita. Terjadi di luar dugaan. Tentu kita tidak ingin terulang lagi," ujarnya.

Nazir menuturkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Pekerjaan Umum dan BRG telah berulang kali melakukan rapat koordinasi.

Hasilnya, seluruh unsur di atas sepakat untuk memetakan dan melakukan pencegahan dengan pemulihan gambut di sejumlah kesatuan hidrologis gambut (KHG) secara bersama-sama.

"Semua unsur tadi sepakat untuk turun dengan basis KHG atau lansekap. Sudah ada enam lansekap yang kita survey turun lewat udara dan akan memutuskan lansekap mana saja yang digarap," urainya.

"Kalau dahulu kita sering kerja di KHG tapi agak parsial, sekarang kita bersama-sama. Kemudian semua Pokmas (kelompok masyarakat) juga rapatkan barisan," tukasnya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version