x
Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan 2020, Bupati HM Harris Singgung Pelalawan Emas
Bupati HM Harris membuka musrenbang kabupaten. (Foto:Istimewa)

Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan 2020, Bupati HM Harris Singgung Pelalawan Emas

Kamis, 28 Maret 2019, 11:03:35
PELALAWAN-Untuk menampung usulan pembangunan dalam rangka menemukan solusi atas persoalan dan menyepakati berbagai usulan prioritas rencana pembangunan, Bupati HM Harris membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Rabu kemarin di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja.

Musrenbang untuk menyusun kegiatan tahun 2020 dan membahas pemantapan peningkatan ekonomi melalui penguatan daya saing daerah. Bupati HM Harris mengatakan, pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. 

Sedangkan pembangunan dilakukan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan berbangsa dan negara. Namun demikian, karena pembangunan menjadi tanggung jawab bersama, upaya pembangunan harus dirancang secara bersama yang dilaksanakan dengan professional dan transfaran serta diawasi dengan penuh tanggung jawab. 

"Perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi yang berkualitas dari seluruh komponen masyarakat. Sesuai yang diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 menjelaskan, setiap upaya pembangunan berbangsa dan bernegara itu harus direncanakan secara partisipatif, pada tiap jenjang mulai kelompok masyarakat kecil, pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi sampai tingkat nasional," ujarnya. 

Berkenanan dengan hal tersebut, Pemkab Pelalawan harus dapat memastikan seluruh agenda pembangunan yang ada dibahas dalam Musrenbang pada berbagai tingkatan dimaksud. 

HM Harris menyebut rencana kerja pembangunan daerah tahun 2020 merupakan implementasi pembangunan daerah berkelanjutan dalam mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan 2016-2021, yakni Inovasi Menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera) dengan tujuh program prioritas.

"Tentunya untuk memacu pembangunan daerah dengan terarah dan jelas kita memaksimalkan komunikasi yang intensif dalam hal keuangan untuk pembangunan bersama DPRD Pelalawan dan DPRD Propinsi Riau Pemilihan Kabupaten Pelalawan, serta peranan dan kontribusi dari perusahaan yang beroperasi di daerah kita ini," ujarnya.

Dikatakan, yang tidak kalah pentingnya bahkan berpotensi dominan dalam pembangunan masyarakat dan daerah adalah keberadaan perusahaan. Dengan segala sumberdaya yang dimilikinya, tentu menjadi faktor yang sangat diharapkan dapat memacu kemajuan Kabupaten Pelalawan. 

"Selama ini dukungan perusahaan sudah baik, namun masih perlu dimaksimalkan dan lebih penting lagi kiranya perlu ada sinkronisasi dengan program atau kegiatan yang dijalankan Pemkab Pelalawan. Saya berharap dukungan dari semua sektor sangat diperlukan, demi memajukan negeri yang berjuluk Negeri Selancar Di sungai dan mensejahterakan masyarakat dengan pembangunan yang merata," tukasnya. (*)






Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riauterkini
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version