x
Bupati HM Harris Buka Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Pelalawan
Bupati HM Harris menyampaikan sambutan. (Foto:Istimewa)

Bupati HM Harris Buka Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Pelalawan

Rabu, 03 Oktober 2018, 09:23:02
PELALAWAN-Bupati HM Harris membuka Bursa Inovasi Desa (BID) Program Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Tahun 2018 di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Selasa (2/10/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Zamur yang menjadi koordinator Inovasi Desa Kabupaten Pelalawan mengatakan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan agenda Nawacita dalam RPJMN 2015-2019. 

PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa dalam mengemban rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. PID diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada pendampingan desa dalam pelaksanaan UU Desa.

"BID merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa. Kegiatan BID dapat diselenggarakan di tingkat Kabupaten atau Kota sebagai kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa dan tingkat kecamatan sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa," ujarnya.

Ditambahkan, dengan adanya BID diharapkan bisa membantu Pemerintah Desa dan masyarakat dalam memasukan PID dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan  Belanja Desa (RAPBDES) mulai tahun 2019 mendatang yang tersusun sistematis, terencana, efisien dan efektif. 

Bupati HM Harris mengatakan, inovasi di desa tidak perlu diragukan. "Karena kita sudah memulai dari tahun 2011. Pelalawan sejak 2006 menjadi kabupaten tertinggal di Indonesia dengan lima indikator permasalahan dan semuanya sekarang bisa kita atasi dengan kerjasama dan kebersamaan," ujarnya.

Sekarang Pelalawan telah menjadi kabupaten maju dan diperhitungkan secara nasional dalam Program Nasional tahun 2025, yakni Persaingan Ekonomi Global Nasional dengan 7 Program Prioritas Pemerintah Daerah. Dimana dua di antaranya adalah Pelalawan Inovatif dan Pelalawan Eksotis. (*)







Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version