x
Bupati HM Harris Tahun Ini Banjir Penghargaan, Termasuk Pelalawan Sehat
Bupati HM Harris menerima penghargaan Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2018. (Foto:Istimewa)

Bupati HM Harris Tahun Ini Banjir Penghargaan, Termasuk Pelalawan Sehat

Minggu, 02 Desember 2018, 09:54:44
PELALAWAN-Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau tahun ini banjir penghargaan. Untuk kesekian kalinya, Bupati HM Harris meraih penghargaan nasional. Kali ini,  penghargaan yang diraih adalah Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2018 dari Majalah Media Guru Indonesia dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) 2018.

Penyerahan penghargaan dibalut dengan rangkaian acara Temu Nasional Guru Penulis 2018 hari ini, Sabtu (24/11/2018) di Gedung A Kemendikbud Jalan Sudirman Jakarta Pusat. Penghargaan diserahkan Pemimpin Umum Majalah Media Guru Indonesia Mohammad Ihsan kepada Bupati HM.Harris sebagai satu-satunya kepala daerah yang meraih penghargaan di ajang ini. 

Penganugerahan penghargaan Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2018 kepada HM Harris, karena Majalah Media Guru Indonesia menilai bahwa HM Harris telah memberikan dukungan dan kontribusi yang dalam memajukan literasi selama ini.
 
 
Bupati HM Harris memberikan sambutan usai menerima penghargaan Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2018. (Foto:Istimewa)  

Tak hanya itu, beberapa waktu kemudian, Bupati HM Harris kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik. Penghargaan diberikan keberhasilan dalam pembangunan bidang kesehatan kelompok I dalam indeks kelola berupa kinerja dan efektifitas pengelolaan APBD.

"Alhamdulillah, Pelalawan kembali mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik se-Indonesia,” ungkap HM Harris, Kamis (29/11/2018).
 
Metode penilaian berdasarkan keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD, sehingga berdampak langsung kepada masyarakat. Untuk penerimaan penghargaan, HM Harris sudah menunjuk Kepala Dinas Kesehatan dr Endid R Pratikno.

Saat ini, Bupati HM Harris menilai, kesehatan merupakan salah satu pendukung untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di suatu daerah. Teori ini digunakan Bupati Pelalawan dua periode tersebut untuk mengangkat derajat kehidupan masyarakat di Negeri Amanah. Tidak main-main, Dinas Kesehatan memperoleh porsi ketiga terbanyak dari dinas yang ada.

"Alhamdulillah, usaha Kabupaten Pelalawan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat mendapat penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik di Indonesia. Penghargaan sebagai penilaian untuk kategori pembangunan  bidang kesehatan kelompok I dalam indeks kelola (Kinerja dan Efektifitas Pengelolaan APBD)," ujar HM Harris.
 
 
Pembangunan bidang kesehatan Kabupaten kelompok I dalam indeks kelola berupa kinerja dan efektifitas pengelolaan APBD. (Foto:Istimewa) 
 
Informasi yang diperoleh menyebut, metode penilaian yang diambil berdasarkan pada keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD, sehingga berdampak langsung kepada masyarakat. 

Mantan Ketua Adkasi ini berharap, penghargaan yang diperoleh bisa memberikan motivasi bagi insan kesehatan untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi di bidang kesehatan. Ini erat hubungannya dengan keberhasilan program Pelalawan sehat yang kita selalu sampaikan dimana kita mengejar ketertinggalan dan bersaing secara nasional.

Kadiskes dr. Endid Pratkno menjelaskan, Pelalawan merupakan satu-satunya daerah yang menerima penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan bidang kesehatan dan ketepatan alokasi bidang kesejahteraan terbaik se Indonesia. Untuk kategori ini hanya Pelalawan yang mewakili Riau.

Endid menjelaskan, dalam kegiatan tersebut terdapat empat kategori penghargaan yang diberikan dalam kegiatan ini, yakni kesehatan, kesejahteraan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi. 

Dalam pelaksanaan peningkatan kesadaran kesehatan ditengah masyarakat tidak hanya sebatas slogan semata melainkan terus direalisasikan dengan berbagai kegiatan pembangunan khususnya bidang kesehatan. Pencapaian program Pelalawan Sehat sejak dicanangkan tahun 2011 silam hingga tahun 2018 ini dinilai berhasil dan dibuktikan dengan penghargaan tersebut.

Dikatakan, pelayanan terhadap kesehatan dilakukan secara merata baik di wilayah tingkat kecamatan, kelurahan hingga pelosok desa yang ada di Kabupaten Pelalawan. Kini seluruh masyarakat telah mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai seperti yang tertuang dalam Konstitusi Kesehatan Dunia (WHO,1948), UUD 1945 pasal 28 H dan Undang-Undang nomor 36 tahun 2009.

Maka tidak ada lagi masyarakat di Kabupaten Pelalawan yang tidak bisa berobat, seluruh puskesmas akan melayani. Jika masyarakat Pelalawan yang sedang mengalami kondisi sakit dan tidak lagi sanggup untuk datang ke puskesmas maka petugas langsung yang akan mendatanginya.

Apabila masyarakat tidak sanggup untuk datang ke Puskesmas, maka petugas kesehatan yang akan mendatangi.Tinggal telpon saja, petugas akan datang. Tapi tidak sembarangan orang yang nelpon Ketua RT atau RW nya dan hal ini dibuktikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
 
Kadiskes dr. Endid Pratkno menerima penghargaan dari pemerintah pusat, karena Pelalawan terpiih sebagai daerah dengan pembangunan bidang kesehatan dan ketepatan alokasi bidang kesejahteraan terbaik se Indonesia. (Foto:Istimewa)  
 
Dengan diberlakukakannya puskesmas di 12 kecamatan dari puskesmas biasa menjadi puskesmas rawat inap ini suatu bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan menuju Pelalawan Sehat.

"14 Puskesmas di Kabupaten Pelalawan yang sudah ada menggunakan sistem BLUD. Diharapkan dengan BLUD ini peningkatan pelayanan dan kebutuhan Puskesmas dapat dipenuhi," urai Endid. 

Endid mengatakan, tidak akan ada Puskesmas yang menggunakan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan mengalami kebangkrutan. Dikarenakan, pemasukan Puskesmas dengan sumber pendapatannya sudah sangat jelaskan. Makanya BLUD harus dipahami dengan Benar. ?Sistem keuangan BLUD non profit tidak mencari keuntungan BLUD yang non profit namun keuntungannya bersifat nirlaba.

Pada dasarnya, apa yang digagas Pemerintah Kabupaten Pelalawan sudah sejalan dengan keinginan masyarakat, karena setiap manusia mempunyai hak untuk hidup sehat dan Negara bertanggung jawab untuk mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi seluruh penduduknya tanpa terkecuali. Karena hal tersebut sesuai yang tertuang dalam Konstitusi Kesehatan Dunia (WHO,1948), UUD 1945 pasal 28 H dan Undang-Undang nomor 36 tahun 2009.

Karenanya, apa yang sudah menjadi program prioritas Bupati HM. Harris, salah satunya Pelalawan Sehat sudah sejalan sehingga masyarakat miskin ataupun masyarakat di dipinggiran dapat merasakan manfaatnya secara menyeluruh. (adv/diskominfo)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version