x
Cegah PTM di Masyarakat, Diskes Bengkalis Kumpulkan Pengelola RS, Puskesmas dan Klinik
Dinas Kesehatan kumpulkan pengelola RS, puskesmas dan klinik. (Foto:Istimewa)

Cegah PTM di Masyarakat, Diskes Bengkalis Kumpulkan Pengelola RS, Puskesmas dan Klinik

Senin, 29 April 2019, 20:00:31
BENGKALIS-Untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM) di masyarakat, Dinas Kesehatan Bengkalis mengumpulkan pengelola Rumah Sakit (RS) pemerintah dan swasta, Puskesmas dan klinik kesehatan.

Kepala Diskes Bengkalis dr Ersan Saputra TH melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Alwizar kepada wartawan, Senin (29/4/2019) mengatakan, pertemuan berlangsung dua hari di Bengkalis. 

Tujuannya agar seluruh fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta melaksanakan manajemen pencegahan dan pengendalian PTM, yaitu mendeteksi dini faktor resiko dan melaksanakan pelayanan sesuai standar.

Peserta pertemuan ini adalah RSUD Bengkalis, RSUD Duri, RS Chevron, RS Permata Hati, RS Aad, RS Thursina, dan RS Mutiara Sari, UPT Puskeamas se-Kabupaten Bengkalis, Klinik Polres Bengkalis, Klinik Lapas Klas IIA Bengkalis.

Menurut Alwizar, saat ini sekitar 31,8 persen dari jumlah kasus PTM adalah penyakit hypertensi, kemudian 11,2 persen adalah penyakit diabetes mellitus dan 8,4 persen adalah penyakit asma.

"Sementara penyakit jantung koroner, walaupun kecil, yaitu sekitar 1,2 persen, tetapi penyakit ini sangat tinggi cause specific death rate nya (angka kematian yang disebabkan penyakit tertentu)," ulas Alwizar.

Ditambahkan, untuk menetapkan rencana kebijakan yang tepat guna menurunkan angka kesakitan bahkan kematian karena PTM, Diskes Bengkalis menekankan agar seluruh pengelola layanan kesehatan dapat melakukan surveilans faktor resiko, registrasi pasien dan registrasi penyebab kematian, karena hal tersebut sangat penting. (*)

 




Penulis: M Rafii
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version