x
Cobalah 5 Minuman Sehat Berikut Sebagai Alternatif Pengganti Kopi
Teh Rooibos. (Foto:Rescook)

Cobalah 5 Minuman Sehat Berikut Sebagai Alternatif Pengganti Kopi

Senin, 17 Juni 2019, 08:04:41
PEKANBARU-Tak bisa dibantah, kopi memang menjadi salah satu minuman terfavorit banyak orang dari anak muda sampai orang tua. Jenisnya yang beraneka ragam dengan cita rasa khas yang berbeda, sehingga bisa memberikan pilihan yang sesuai dengan selera masing-masing penikmat.

Masalahnya, kopi ini mengandung kafein dan menyebabkan kecanduan bagi para penikmatnya, sehingga jika mengonsumi kopi tanpa terkendali tentu saja akibatnya kurang baik.

Nah, sesekali minum kopi tentu memberikan manfaat tetapi jika berlebihan maka yang didapat adalah efek untuk kesehatan. Jika Sobat ingin mengurangi kecanduan kopi, di bawah ini ada beberapa minuman sehat alternatif untuk menggantikan kopi sebagai minuman. Apa saja?

Cuka Sari Apel
Minuman ini sudah sejak lama dikenal sebagai bahan yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Cuka Sari Apel mampu menurunkan tekanan darah, anti bakteri, mengobati maag, cegukan hingga sakit tenggorokan. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, bisa sebagai bahan campuran salad atau minuman. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bahan ini, sebaiknya gunakan campuran cuka sari apel untuk salad, karena jika digunakan sebagai minuman harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. 

Matcha Green Tea
Hampir sama dengan kopi, teh juga memiliki berbagai jenis dan memiliki penggemar setianya. Nah, bagi yang ingin mengurangi kopi tetapi masih tak jauh-jauh dari kopi, Sobat bisa mencoba minum Matcha Green Tea yang mengandung L-theanine yang mampu meningkatkan daya konsenstrasi dan daya ingat penikmatnya.

Air Kelapa 
Siapa tak suka air kelapa? Air ajaib yang terletak di dalam buah kelapa ini sangat menyegarkan dan memiliki segudang manfaat. Untuk mendapatkan air kelapa yang menyegarkan, pilih kelapa yang masih muda dan jangan terlalu tua. Tak perlu diapa-apakan lagi, cukup tuang ke gelas ataupun untuk menikmati sensasi yang lebih segar bisa langsung diminum dari buahnya. Untuk lebih nikmat, buahnya pun bisa dimakan.

Teh Kombucha
Teh ini juga bisa dijadikan sebagai minuman sehat alternatif pengganti kopi. Teh kombucha ini merupakan teh yang dihasilkan dari fermentasi jamur yang sejak lama dikenal di China dan kemudian banyak dikembangkan di Eropa Timur hingga Rusia. 

Tentu saja minuman ini memiliki berbagai manfaat kesehatan diantaranya mampu menjadi bahan detoks. Tetapi perhatikan juga jumlah teh yang dikonsumsi karena bisa menyebabkan sakit perut setelah diminum.

Teh Rooibos
Teh ini juga bisa dijadikan sebagai minuman sehat pengganti kopi. Minuman ini tidak mengandung kafein seperti pada teh lain. Teh Rooibos merupakan teh yang dibuat dari tanaman bernama Asparathus Linearis yang banyak tumbuh di pegunungan Cedarberg, Cape Town, Afrika Selatan. Teh ini mengandung berbagai jenis vitamin diantaranya adalah A, C, D, E dan P.

Itulah lima jenis minuman sehat yang bisa dijadikan sebagai pengganti kopi. Minum kopi tentu sangat menyegarkan tetapi jika sampai kecanduan bisa menyebabkan efek kesehatan yang kurang baik. Nah, minuman di atas bisa menjadi alternatif yang bagus pengganti kopi. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Semangatsehat.blogspot.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version