x
Demo ke DPRD Riau, Sunaryo Janji Sampaikan Tuntutan Mahasiswa ke Pusat
Mahasiswa menyampaikan tuntutannya. (Foto:Istimewa)

Demo ke DPRD Riau, Sunaryo Janji Sampaikan Tuntutan Mahasiswa ke Pusat

Jumat, 24 Mei 2019, 15:49:04
PEKANBARU-Ratusan mahasiswa dengan tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat, sore tadi menggelar aksi demonstrasi di gedung DPRD Riau. Setelah menggelar orasi di gerbang gedung rakyat tersebut, para mahasiswa akhirnya diperbolehkan masuk ke DPRD Riau. 

Massa ditemui Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto di ruangan medium. Dalam mediasi tersebut, mahasiswa menyampaikan beberapa point tuntutan.

Ketua GMMK Riau Yana Mulyana menyebut, di antara tuntutan yang disampaikan menuntut DPRD Riau sebagai wadah aspirasi masyarakat Riau untuk tidak diam melihat hal-hal yang terjadi saat aksi massa di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

"Kami yakin, DPRD Riau menjadi corong masyarakat agar menyampaikan suara masyarakat Riau kepada pemerintah pusat," ujarnya. 

Kerusuhan yang terjadi di Jakarta, bahkan sempat menimbulkan korban nyawa harus diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. "Pelaku penembakan harus ditindak," urainya. 

Apalagi dalam mengamankan aksi massa, aparat juga menggunakan peluru tajam. Hal itu ditemukan pada salah satu mobil polisi. "Apapun alasannya, peluru tajam tidak dibenarkan jika dibawa dalam menghadapi massa aksi. Temuan ini justru menguatkan kami bahwa penyebab tewasnya sejumlah peserta aksi adalah kepolisian," ujar salah satu kuasa hukum massa, Suroto. 

Sementara perwakilan Aliansi Mahasiswa Mengugat mengatakan, negara saat ini belum memahami arti hari kebangkitan. Pasalnya, tampak jelas saat ini banyakbterjadi hal-hal yang cukup menakutkan. 

"Indonesia tidak dalam kondisi baik-baik saja. Kami berharap pemerintah dapat menjaga persatuan dan menpersatukan. Begitu juga dalam hal menyampaikan pendapat. Kita ini negara demokrasi tentu hormatilah oendapat orang lain. Tapi yang terjadi saat ini justru dibatasi dalam berpendapat," urainya. 

Sementara itu, Sunaryo berjanji akan menindaklanjuti tubtutan para mahasiswa. Dia akan menyampaikan kepada pemerintah pusat baik melalui Fraksi PAN pusat atau dibahas dalam DPRD Riau. "Kita tidak ingin hal yang terjadi di Jakarta terjadi di Riau. Untuk tuntutan akan kita tindaklanjuti," tuturnya. (*)





Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riauterkini
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version