x
Dewan Sahkah Perda LPPL, Masyarakat Bisa Kembali Nikmati Siaran Radio Kuansing FM
Bupati Mursini meninjau menandatangani Perda LPPL. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

Dewan Sahkah Perda LPPL, Masyarakat Bisa Kembali Nikmati Siaran Radio Kuansing FM

Rabu, 19 Desember 2018, 06:51:40
KUANSING-Radio Kuansing FM kini sudah memiliki legalitas untuk mengudara dan siak memberikan informasi kepada masyarakat Kuansing. Legalitas tersebut diperoleh, setelah DPRD mengesahkan Ranperda Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Kuansing FM menjadi Perda, Senin sore.

Berdasarkan penelusuran FokusRiau.com, Kuansing FM sebelumnya dikenal masyarakat dengan nama Radio Pemerintah Daerah (RPD) Kuansing. Sempat vakum satu tahun lebih, setelah dirundung masalah perizinan saat menyiarkan iven pacu jalur. Saat itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menemukan kesalahan fatal, dimana RPD tidak memiliki izin siaran sesuai peraturan yang berlaku.

Karena itu, KPI kemudian menonaktifkan RPD dan tak bisa mengudara. Karena radio ini merupakan media dan sumber informasi masyarakat Kuansing, Bupati Mursini dan Wabup Halim kemudian berupaya memperoleh legalitasnya. Melalui perjalanan panjang, Kominfoss menjalani proses perizinannya.

"Alhamdulilah, DPRD Kuansing bersepakat menyetujui Ranperda menjadi Perda. Atas nama pemerintah tentu kita mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang telah merealisasikan komitmen bersama pemerintah dan membuat radio Kuansing FM mengudara kembali," ujar Kadis Kominfoss Kuansing Syamsir Alam melalui Kabid Hubungan media Drs Mulyadi Harun kepada FokusRiau.Com, kemarin.

Sebelumnya, saat penyampaian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum DPRD, Bupati Mursini menyatakan, Perda LPPL Kuansing FM adalah persyaratan terpenting untuk mendapatkan izin penyiaran radio. Dimana dalam Ranperda sudah ada kerangka kerja LPPL untuk lima tahun ke depan.

Berdasarkan paparan Mursini, LPPL yang diberi nama Kuansing FM sudah merupakan lembaga yang berbadan hukum yang didirikan negara bersifat independen, netral, tidak komersial dan berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat. "LPPL bukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)," tegas Mursini.

Kuansing FM akan dikelola profesional di bawah Kominfoss dan akan ada penyelenggara dan badan pengawas dengan komposisi ASN dan Profesional. (*)





Penulis: Jhon Hendri  
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version