x
Disdukcapil Pekanbaru Selesaikan Pencetakan 35.562 KTP Elektronik
Pencetakan KTP-el warga Pekanbaru selesai. (Foto:Republika)

Disdukcapil Pekanbaru Selesaikan Pencetakan 35.562 KTP Elektronik

Rabu, 03 April 2019, 18:49:45
PEKANBARU-Proses cetak puluhan ribu KTP elektronik warga Kota Pekanbaru, Riau telah selesai. Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru sudah mendatangi Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil.

Mereka memastikan, KTP-el tersebut sudah dicetak di Kemendagri berdasarkan rencana awal untuk proses cetak cepat. KTP-el yang sudah dicetak bisa dapat dikirim ke Kota Pekanbaru dengan jumlah mencapai 35.562 keping.

"KTP-el yang masuk dalam proses cetak cepat sudah selesai. Kami bakal distribusikan secepatnya," ungkap Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Rabu (3/4/2019).

Disdukcapil akan segera menyalurkan KTP el tersebut. Proses penyaluran KTP-el dilakukan ke setiap kecamatan dilakukan secepatnya. Ditargetkan, pengiriman KTP-el ke Pekanbaru rapung, Kamis besok.

Menurutnya, proses cetak cepat ini adalah kerjasama Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil. Adanya proses cetak cepat ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan Pemilu 2019. Mereka mencetak KTP-el yang pengajuannya hingga pekan ketiga Oktober tahun 2018.

Pengajuan ini sudah masuk dalam bentuk Print Ready Record (PRR). "Jadi yang sudah cetak cepat di Jakarta adalah KTP-el warga yang belum pernah memeroleh KTP sama sekali," ujar Irma.

Selain proses cetak cepat, Disdukcapil juga memastikan proses cetak juga dilakukan di Pekanbaru. Proses cetak ini masih terus berlangsung hingga kini, bersamaan dengan proses permohonan penerbitan KTP-el.

Warga yang lakukan permohonan tidak hanya pemohon yang belum punya KTP-el, tetapi juga bagi mereka yang hendak mengubah data dilakukan seperti perubahan status perkawinan hingga mengubah alamat.

Irma tidak menampik KTP-el untuk warga merubah data masih banyak yang belum tercetak. Mereka baru mencetak KTP-el yang pengajuan permohonannya hingga November 2018. Terdapat sejumlah kendala lain dalam perekaman KTP-el. Kendala tersebut yakni keterbatasan blangko, jumlah mesin cetak KTP-el hingga kapasitas server yang dimiliki Disdukcapil Pekanbaru terbatas.

Ditegaskan, jajarannya berupaya melakukan proses pencetakan secepatnya. Mereka juga mengajukan penambahan blangko ke Kemendagri. "Kami berupaya agar permasalahan KTP-el bisa segera diselesaikan," tukasnya. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version