x
DLH Inhu Tindaklanjuti Soal Limbah Pertamina di Lahan Konsesi Desa Gudang Batu Lirik
Kadis DLH Selamat memimpin rapat dengan Pertamina. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

DLH Inhu Tindaklanjuti Soal Limbah Pertamina di Lahan Konsesi Desa Gudang Batu Lirik

Selasa, 18 Juni 2019, 16:17:34
INDRAGIRI HULU-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Inhu, Riau bertemu PT. Pertamina Ep Asset 1 field Lirik Inhu. Pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti persoalan limbah di lahan Desa Gudang Batu, Kecamatan Lirik, Inhu, Riau.

Kepala DLH Inhu Ir Selamat MM kepada FokusRiau.Com, Selasa (18/6/2019) menegaskan, DLH Inhu telah bertemu dengan PT Pertaminan Ep Asset 1 Field lirik, Senin kemarin di ruang rapat kantor DLH Inhu dan dihadiri HSSE Ast Manager PT. Pertamina Ep Field Lirik, Iswahyudi, LR Ast Manager Fikri Fardhian dan Plt Kepala Badan Pertanahan Nasional Inhu H. Jumihard.

"Pada pertemuan itu dibahas persoalan konsesi lahan yang ditemukan limbah di lahan Desa Gudang Batu Lirik. Kita juga membahas konsesi lahan di Desa Gudang Batu Lirik seluas puluhan hektare yang diduga oleh masyarakat tercemar limbah latung," katanya.

Namun demikian, PT Pertamina Ep Field Lirik agar segera melakukan koordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nansioanl (BPN) Riau terkait WKP PT. Pertamina Ep Field Lirik untuk menetapkan keberadaan konsesi lahan di Desa Gudang Batu Tersebut.

Menurut Selamat, terkait pengelolaan limbah B3 dimana limbah B3 harus di kelola pihak PT. Pertamina Ep Field Lirik akan tetap melakukan pembersihan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam pembersihan limbah tersebut juga akan  merekrut tenaga kerja dari masyarakat untuk menampung tenaga kerja lokal.

Sambil melakukan pembersihan limbah, DLH telah menyarankan PT Pertamina Ep Field Lirik  melakukan pengkajian limbah latung yang berada dibawah lapisan tanah atau ditimbun. 

"Jadi DLH Inhu tidak diam, tapi tanggap cepat atas setiap isu permasalahan limbah. Masyarakat diimbau, jika ada persoalan limbah perusahaan agar melaporkan secara resmi untuk dilakukan penindakan sesuai aturan," ujar Selamat. (*)
 
 
 
 
 

Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version