x
Festival Budaya Melayu 2019, Dumai Tampilkan Sempolet dan Kepurun di Bazar Juadah
Peserta Dumai menampilkan menu Sempolet dan Kepurun. (Foto:Dika CP/FOkusRiau.Com)

Festival Budaya Melayu 2019, Dumai Tampilkan Sempolet dan Kepurun di Bazar Juadah

Jumat, 23 Agustus 2019, 13:35:56
PEKANBARU-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai mengikuti Festival Budaya Melayu 2019 Provinsi Riau yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Riau, 22-24 Agustus 2019 di Taman Budaya, Pekanbaru.

“Alhamdulillah, malam pembukaan duta budaya dari Kota Dumai, Abdul Hamid (Duta Budaya Musik dan Lagu) dan Amronsyah (Duta Budaya Permainan Rakyat) turut mendampingi Pj. Sekdaprov Riau membuka Festival Budaya Melayu 2019,” ujar Kasi Seni dan Budaya Disdikbud Dumai, Ali Ibnu Amar, Kamis malam.

Usai pembukaan, Jumat pagi Kota Dumai mengikuti Bazar Juadah Melayu 2019 di Halaman Taman Budaya. “Pada Bazar ini, kita (Dumai,red) memasak makanan khas Sempolet dan Kepurun bersama Jamilah Ali serta menampilkan beragam produk dan jajanan khas Dumai seperti, Kerupuk Cabe Ika, Kerupuk Cabe Maisatun, Dodol Nenas, Kue Bangkit dan Bolu Kemojo,” sebutnya.

Sabtu besok, Duta Budaya Permainan Rakyat Amronsyah akan mengikuti Permainan Rakyat Gasing di Taman Gemala dan malamnya Duta Budaya Musik dan Lagu Abdul Hamid, Kabid Kebudayaan Disdikbud Dumai Noerzam bersama Tim Kesenian Dumai akan mempersembahkan Musik Pakal Laut.

“Kita berharap Musik Pakal Laut bisa dijadikan musik tradisi khas dari Kota Dumai. Seperti Kabupaten Siak yang telah memiliki Musik Tradisi Zapin,” harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Riau Yoserizal Zen mengatakan, Festival Budaya Melayu 2019 merupakan salah satu kegiatan yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Provinsi Riau.

Festival Budaya Melayu 2019 mengusung tema "Riau Menuju Warisan Dunia" (Istana Siak dan Candi Muara Takus) akan diisi beragam kesenian dan pameran kuliner masyarakat dari 12 Kabupaten dan Kota di Riau yang berpusat di Taman Budaya Provinsi Riau, Pekanbaru.

“Bagi peserta yang menampilkan karya terbaiknya, akan mengikuti Pekan Kebudayaan Nasional, 7-13 Oktober di Jakarta,” tukasnya. (*)

 
 
 
Penulis: Dika CP
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version