x
Gempa 5,3 SR Guncang Pasaman Barat Sumbar, Getaran Dirasakan ke Kota Padang
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

Gempa 5,3 SR Guncang Pasaman Barat Sumbar, Getaran Dirasakan ke Kota Padang

Senin, 17 Juni 2019, 20:38:08
PADANG-Gempa kembali mengguncang Sumatera Barat (Sumbar), Senin (17/6/2019) pukul 18.04 WIB yang berpusat di Pasaman Barat, Sumbar. Dilansir dari Twitter BMKG, gempa tersebut berkekuatan 5,3 skala richter (SR).

Gempa berada di 0.36 LS, 99.00 BT atau 105 km sebelah barat daya Pasaman Barat dengan pusat gempa di kedalaman 23 km di dasar bumi. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun bisa dirasakan di sejumlah daerah di Sumatera Barat. Seperti Kota Padang sampai Padang Pariaman.

Fikri (20) seorang warga Padang mengaku merasakan goyangan, namun tidak terlalu kuat. "Saya kira tadi karena ada mobil lewat, rupanya gempa," katanya.

Kepala BPBD Pasaman Barat Try Wahluyo menyebut, mitigasi bencana mandiri sudah berulang kali disampaikan kepada masyarakat dan masyarakat sudah memahami bagaimana mitigasi mandiri. Selain itu, mitigasi juga sudah disinkronkan dengan pemerintah nagari dan jorong.

"Pelatihan dan kesiapan bencana sudah kita lakukan semenjak Mega trust mentawai. Kerena Pasbar termasuk salah satu wilayah yang diwaspadai," ulas Try Wahluyo, Senin (17/6/2019).

Ditambahkan, masyarakat yang berada di zona merah seperti Mandiangin, Katiagan, Sasak Ranah Pesisie, Maligi, Sikabau, Sikilang, dan Aia Bangih serta satu pulau yang berpenghuni. "Jalur evakuasi sudah ada. Namun, shelter yang belum kita miliki karena banyak keterbatasan kita. Shelter baru pondasi saja," tukasnya.

Dia mengimbau masyarakat agar berhati-hati ketika ada gempa. Setiap orang harus bisa menyelamatkan diri, keluarga dan tetangga terdekat.  "Mari kita saling bantu membantu dan menyelamatkan diri, terutama diri sendiri ketika ada gempa," imbaunya. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru/Harianhaluan
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version