x
Gubernur Andi Rachman Buka Tour de Siak 2018, Syamsuar Berharap Bisa Sampai ke Negeri Jiran
Gubernur bersama Bupati Syamsuar dan Forkompinda memukul kompang. (Foto: Istimewa)

Gubernur Andi Rachman Buka Tour de Siak 2018, Syamsuar Berharap Bisa Sampai ke Negeri Jiran

Senin, 17 September 2018, 21:54:00
SIAK-Gubernur Arsyadjuliandi Rachman didampingi Bupati Syamsuar secara resmi membuka Tour de Siak tahun 2018 yang berlangsung di lapangan Maharatu, Kota Siak Sri Indrapura, Senin (17/9/2018) malam. 

Gubernur dan Bupati Syamsuar tampak kompak memukul kompang sebagai tanda pembukaan Tour de Siak 2018 bersama Wakil Bupati Alfedri, mantan Bupati Siak Arwin AS, Ketua PB ISSI, Perwakilan United Cycle International, Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau Doni Aprialdi. 

Gubernur mengakui, Tour de Siak telah mampu menarik wisatawan datang ke Kabupaten Siak. "Tour de Siak telah masuk gelaran yang kelima kalinya. Dimana pesertanya merupakan atlet-atlet balap sepeda dari berbagai klub terkemuka di Indonesia dan juga mancanegara yang ikut berpartisipasi dalam iven akbar ini," kata gubernur yang akrab dipanggil Andi Rachman tersebut. 
 
 
Gubernur bersama Bupati Syamsuar, Wabup Alfedri dan Forkompinda memukul kompang. (Foto: Istimewa) 
 
Di sisi lain, Pemprov Riau terus mengupayakan peningkatan kunjungan wisatawan di Bumi Melayu Lancang Kuning dengan mempromosikan even wisata yang ada di Riau. Dimana, even pariwisata Riau sekarang telah masuk dalam kalender pariwisata nasional di Kementerian Pariwisata RI, salah satunya Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Terkait tour de Siak, menurut Andi, Riau patut bangga event Tour de Siak (TdS) ini telah masuk dalam agenda tetap Union Cycliste Internationale (UCI). Dimana para peserta yang menjadi juara dalam Tour de Siak ini akan mendapatkan point/nilai sebagai modal untuk bisa ikut dalam kejuaraan besar, seperti Olimpiade. 

Sementara itu, Bupati Syamsuar berharap, tahun-tahun mendatang jalur pebalap sepeda Tour de Siak bisa diseberangkan sampai ke negeri jiran Malaysia.
 
 
Acara hiburan usai pembukaan Tou de Siak 2018 oleh gubernur. (Foto: Istimewa) 
 
"Alhamdulillah, mulai tahun ini Tour de Siak telah terdaftar secara resmi dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) 2018. Semoga rencana Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya, untuk mengembangkan rute Tour de Siak dengan melintasi Kabupaten dan Kota yang ada di Riau terealisasi," kata Syamsuar.

Selain itu, beragam potensi pariwisata yang ada di Provinsi Riau dapat terangkai dan terpromosikan dalam satu iven yang melibatkan pembalap dari 4 tim dalam negeri dan 9 tim dari luar negeri dengan 16 negara partisipan.

"Para pembalap akan menempuh lintasan balap yang dibagi dalam 4 etape dengan total jarak yang ditempuh para pembalalp dalam Tour de Siak Tahun 2018 ini sepanjang 523,11 km," tukasnya. (satria donald)
 
 
Mantan Bupati Siak H. Arwin bersama Gubernur dan Bupati Syamsuar serta Forkompinda larut dalam kegembiraan usai pembukaan Tour de Siak 2018. (Foto: Istimewa) 
 
 
Sebelum pembukaan, Bupati Syamsuar dan Wabup Alfedri berdialog dengan salah seorang peserta fun bike yang merupakan rangkaian dari Tour de Siak 2018. (Foto: Istimewa) 
 
 
Bupati Syamsuar melepas peserta fun bike yang merupakan rangkaian dari Tour de Siak 2018. (Foto: Istimewa) 
 
 
Pelepasan pembalap yang akan bertarung di etape I ajang Tour de Siak 2018. (Foto: Istimewa) 
 
 
Para pembalap Tour de Siak 2018 bertarung untuk memenangkan etape I. (Foto: Istimewa) 
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version