x
Hasil Studi Mengungkap Rutin Minum Teh Buat Struktur Otak Lebih Baik
Ilustrasi teh. (Foto:Istimewa)

Hasil Studi Mengungkap Rutin Minum Teh Buat Struktur Otak Lebih Baik

Selasa, 02 Juni 2020, 10:01:55
PEKANBARU-Teh merupakan salah satu minuman berkafein paling populer di seluruh dunia. Ternyata, meminum teh secara rutin memiliki manfaat sangat baik untuk otak.

Teh sendiri memiliki banyak varietas dan kadar kafein di masing-masing bervariasi. Minuman ini juga memiliki daya tarik yang luas dan universal, meskipun persiapan dan resepnya berbeda. Ada beberapa bukti yang tersebar yang menunjukkan manfaat minum teh, termasuk beberapa penelitian yang menyebutkan tentang manfaat teh bagi otak.

Dikutip dari ndtv, sebuah studi baru telah melihat dampak dari konsumsi teh secara teratur pada struktur otak kita. Studi tersebut mengatakan bahwa peminum teh reguler mungkin memiliki keunggulan dibandingkan yang bukan peminum, di mana mereka mungkin memiliki struktur otak yang lebih baik. Studi menunjukkan bahwa minum teh dapat menghasilkan konektivitas fungsional dan struktural yang lebih besar di otak.

Studi berjudul, "Kebiasaan minum teh memodulasi efisiensi otak: bukti dari evaluasi konektivitas otak" diterbitkan dalam jurnal Aging. Untuk penelitian ini, sekelompok peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan minum teh, yang menjabarkan seberapa sering mereka mengonsumsi berbagai jenis teh. 

Para peserta berusia 60 atau lebih dan masing-masing memberikan rincian kesehatan psikologis, gaya hidup sehari-hari dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu peminum teh dan bukan peminum teh dan diminta untuk menjalani pemindaian MRI. Mereka juga diuji coba.

Para ilmuwan melihat perbedaan signifikan konektivitas antara peminum teh dan peminum non-teh. Penelitian difokuskan pada Default Mode Network (DMN), yang merupakan jaringan besar yang menghubungkan berbagai bagian otak. 

Laporan studi mengatakan, Pengamatan dalam penelitian ini sebagian mendukung hipotesis bahwa minum teh memiliki efek positif pada organisasi otak dan menimbulkan efisiensi yang lebih besar dalam konektivitas fungsional dan struktural karena peningkatan efisiensi jaringan global yang ditemukan dalam struktur otak peminum teh. 

Tetapi tidak ada peningkatan yang signifikan dalam konektivitas fungsional. Seperti hipotesis, minum teh mengarah ke asimetri kurang kiri dalam konektivitas struktural antara belahan.

Namun, penelitian ini masih dalam skala sangat kecil, karena jumlah peserta hanya berjumlah 36 orang dan jumlah perempuan hanya enam. Karena itu, hasil penelitian ini bisa diibaratkan sebagai sejumput garam dalam sebuah masyarakat yang besar. Butuh penelitian lebih lanjut untuk menguatkan hasil penelitian ini. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Sahijab.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version