x
Inilah 10 Cara Ampuh dan Mudah untuk Membasmi Kecoak di Rumah
Kecoa bisa membuat ruang menjadi bau dan membawa bakteri. (Foto:Istockphoto)

Inilah 10 Cara Ampuh dan Mudah untuk Membasmi Kecoak di Rumah

Minggu, 17 November 2019, 12:29:01
PEKANBARU-Bagi sebagian orang, kecoak adalah 'musuh' yang harus dibasmi. kecoak bisa bersarang di dalam rumah seperti di rak perabot, bawah meja dapur atau bahkan dalam lemari pakaian.

Serangga ini bisa membuat ruang menjadi bau sekaligus membawa bakteri yang dapat mengganggu kesehatan, terutama jika mereka bersarang di area penyimpanan alat-alat makan.

Jika Anda kini tengah berjuang untuk membebaskan rumah dari kecoak, cobalah gunakan 10 bahan untuk mengusir dan membasmi kecoak.

1. Minyak esensial
Aroma minyak esensial seperti peppermint, lavender, eucalyptus, dan tea tree oil menjadi favorit manusia. Namun, tidak begitu untuk kecoak.

Aroma tersebut dapat mengganggu penciuman mereka dalam berburu makanan. Selain itu, konsentrasi minyak esensial yang tinggi juga dapat membunuh kecoak, khususnya aroma peppermint. Jadi, teteskan minyak peppermint pada bola kapas dan oleskan pada tempat-tempat di mana kecoak biasa bersembunyi.

Dilansir dari Asia One, Anda juga bisa membuat semprotan pembunuh kecoak dengan cara mencampur minyak peppermint dan air, lalu semprotkan pada daerah gelap tempat mereka tinggal.

2. Petroleum jelly
Jika biasanya Anda menggunakan petroleum jelly sebagai pelembap bibir, cobalah manfaatkan produk serba guna ini sebagai perangkap kecoak. Tambahkan gula ke dalam petroleum jelly dan oleskan pada potongan karton, kemudian tempatkan perangkap ini di tempat persembunyian kecoak.

kecoak tertarik pada gula. Ketika ia menghampiri gula, maka secara otomatis kecoak akan terjebak pada lengketnya petroleum jelly.

3. Boraks
Boraks tak hanya bahaya bagi manusia, namun juga kecoak. Kimia ini dapat membunuh kecoak dengan cepat jika dikonsumsi.

Untuk membasmi kecoak dengan boraks, Anda bisa membuat ramuan dengan mencampurkan boraks, gula, dan air ke dalam botol semprot. Aduk rata dan semprotkan ramuan di daerah yang sering dilewati kecoak.

Namun, pastikan 'ramuan' ini jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena bisa membahayakan.

4. Bubuk kopi
Keharuman aroma kopi ternyata juga bisa memikat kecoak. Seduhlah kopi dan masukkan ke dalam toples, kemudian letakkan toples di tempat yang biasa dilewati kecoak. Ini akan menarik mereka untuk masuk dan tak mampu ke luar lagi.

5. Soda kue
Seperti boraks, soda kue juga efektif membunuh kecoak dengan cara mengacaukan asam pada lambung kecoak.

Namun jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, menggunakan soda kue mungkin menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang boraks karena soda kue tidak berbahaya untuk manusia ataupun hewan peliharaan.

Campurkan soda kue dengan gula, tempatkan campuran di mangkuk kecil atau toples dan taburkan di sudut-sudut rumah.

6. Tanah diatom
Tanah diatom mengandung zat yang akan merusak sistem pencernaan kecoak ketika dikonsumsi, kemudian tubuh kecoak perlahan akan mengering dan mati. Untuk memanfaatkannya dengan efektif, campurkan tanah diatom dengan gula demi menarik perhatian kecoak dan taburkan campuran ini di tempat kecoak biasa bersembunyi.

7. Catnip
Tanaman catnip mengandung nepetalactone, bahan kimia aktif yang ampuh mengusir serangga tanpa membahayakan manusia dan hewan peliharaan.

Rebus tanaman ini selama 10 menit hingga mendidih. Saat cairan rebusan sudah dingin, masukkan cairan ke botol semprot dan semprotkan di area rumah tempat kecoak bersembunyi.

8. Daun mimba (neem)
Selain sering digunakan sebagai obat tradisional di India dan negara Asia Selatan lainnya, daun mimba juga dikenal memiliki sifat penolak serangga alami.

Cara menggunakan daun mimba untuk membasmi kecoak sama seperti catnip, yaitu dengan menyemprotkan air rebusan daun mimba ke sekitar rumah atau tempat kecoak bersarang.

9. Lemon
Lemon memiliki sifat anti-patogenik yang dapat mengusir kecoak dari rumah. Semprotkan air lemon di sekitar rumah atau di tempat kecoak bersembunyi, atau Anda bisa menempatkan kulit lemon di dekat sarang kecoak untuk membuat mereka pergi.

Selain dapat mengusir serangga yang bisa terbang ini, cara ini juga bisa membuat rumah memiliki aroma lemon yang segar.

10. Silica gel
Silica gel umumnya digunakan untuk mengontrol kelembapan dan menghindari pembusukan. Ketika kecoak bersentuhan dengan silica gel, tubuh kecoak akan mengering sehingga akhirnya mati.

Untuk menarik perhatian kecoak, campurkan silica gel dengan gula dan taburkan di sekitar rumah. Namun, jauhkan campuran ini dari anak-anak dan hewan peliharaan karena bisa sebabkan keracunan. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version