x
Kabar Gembira! Tahun Depan Pemerintah Kembali Buka Lowongan CPNS Pusat dan Daerah

Kabar Gembira! Tahun Depan Pemerintah Kembali Buka Lowongan CPNS Pusat dan Daerah

Selasa, 14 November 2017
BATAM-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana untuk membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 mendatang. Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, lancarnya seleksi penerimaan CPNS 2017 menjadi acuan untuk membuka kembali lowongan CPNS tahun 2018. 

Usulan lowongan CPNS telah diajukan kepada Presiden Jokowi. "Kemarin kita sudah buka formasi untuk 61 Kementerian/Lembaga. Saya berharap, penerimaan PNS baru menjadi benchmark kalau menjadi PNS tidak ada lagi bantu membantu, tidak ada lagi orang yang menjadi fasilitator menjadikan orang jadi PNS," kata Asman Abnur di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dikatakan, pihaknya bersama Kementerian Keuangan tengah melakukan perhitungan berapa biaya yang dibutuhkan untuk penerimaan CPNS 2018. Rencananya penerimaan formasi tahun depan kembali dibuka untuk K/L dan Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi maupun Kota/Kabupaten.

Untuk Pemda, menurut Asman, ada syarat-syarat yang diperlukan untuk bisa mengajukan kebutuhan formasi baru. Nantinya, Pemda yang akan mengajukan berapa formasi yang dibutuhkan, kemudian Pemerintah Pusat akan mengecek usulan formasi tersebut.

Pembukaan CPNS 2018 untuk menggantikan posisis dari para abdi negara yang telah memasuki masa pensiun, baik di pusat maupun daerah. Adapun jumlah pegawai yang telah pensiun pada tahun 2016-2017 sebanyak 220.000 orang, namun pemerintah hanya berencana untuk mengisi sekitar 50 persen dari jumlah tersebut sesuai kemampuan keuangan.

"Sesuai kebutuhan daerah dan pusat. Kita tidak menerima sebesar mereka yang pensiun, tapi hanya menerima 50 persen dari jumlah yang pensiun. Tapi tetap mengacu pertumbuhan minus," ujarnya dikutip fokusriau.com dari detik.com.

Bila semuanya lancar, awal 2018 pemerintah akan mulai membuka lowongan CPNS tersebut. "Dalam waktu dekat, kita sedang ajukan November, Awal tahun kita sudah mulai membuka rekrutmen," ujar mantan Wakil Walikota Batam tersebut. (indra h piliang)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version