x
Kades Ridwan Minta Inspektorat Inhu Audit Dana UED SP Desa Danau Baru
Kades Danau Inhu M Ridwan. (Foto:Istimewa)

Kades Ridwan Minta Inspektorat Inhu Audit Dana UED SP Desa Danau Baru

Kamis, 19 September 2019, 16:25:54
INDRAGIRI HULU-Kepala Desa Danau, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau M. Ridwan SE meminta Inspektorat Kabupaten Inhu melakukan audit terhadap dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) dari Provinsi Riau tahun 2011 sebesar Rp500 juta.

Permintaan itu disampaikan Ridwan, Kamis (19/9/2019). Kepada FokusRiau.Com, Ridwan mengatakan, dalam rapat bersama UED SP beberapa waktu lalu dirinya sudah meminta nama-nama warga yang meminjam dana tersebut. Namun tidak diberikan, alasan pengurus rahasia negara.

"Sebagai kepala desa, saya tentu harus tau kemana saja dana itu dipinjamkan. Kita ingin tau apakah dana UED SP tersebut dikelola sesuai aturan atau sebaliknya," ujar Kades.

Menurutnya, bantuan dana UED SP dari Pemprov Riau ke Desa Danau tahun 2011 lalu untuk dikelola dengan sistim simpan pinjam kepada masyarakat yang akan membuka usaha dan tidak boleh dikelola untuk kepentingan pengurus.

"Dana tersebut merupakan simpan pinjam untuk membantu masyarakat membuka usaha dan bergulir. Tujuannya memacu peningkatan ekonomi masyarakat desa. Jadi penggunaannya harus transparan," tukasnya. (*)



Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version