x
Kajari Inhu Serahkan Kembali Dana UED SP, Wabup Khairizal Minta Dikelola Sesuai Aturan
Kajari menyerahkan kembali dana UED SP. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Kajari Inhu Serahkan Kembali Dana UED SP, Wabup Khairizal Minta Dikelola Sesuai Aturan

Jumat, 11 Oktober 2019, 06:28:55
INDRAGIRI HULU-Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau Hayin Suhikto menyerahkan kembali dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) kepada pengurus di Desa Tani Makmur, Kecamatan Rengat Barat yang sebelumnya diamankan.

Dana UED SP yang dikembalikan itu diterima Pjs Kepala Desa Tani Makmur Priyanto disaksikan Wakil Bupati Khairizal, Camat Rengat Barat Hendri S.Sos dan Kabag Hukum di aula kantor Kajari Inhu, Kamis kemarin.

Kasi Intelijen Bambang Dwi Saputra mengatakan, dana UED SP tersebut diamankan dari Pengurus UED Desa Tani Makmur sebulan lalu sebesar Rp330.837.000 sebab penggunaanya tidak sesuai aruran.

"Dana UED SP tersebut sudah dikembalikan, karena kita lebih mengutamakan pencegahan dan pembinaan. Bila tidak bisa dibina, akan dilakukan penindakan tegas," ujarnya.

Dikatakan, tak hanya di Desa Tani Makmur saja yang dilakukan pembinaan dan pengawasan oleh tim bentukan Pemkab Inhu. Namun semua desa yang memperoleh bantuan UED SP dari Pemerintah Provinsi Riau medio 2005-2014 dilakukan pembinaan dan pengawasan.

Ada 114 desa mendapat bantuan UED SP. Masing-masing menerima bantuan UED SP sebesar Rp500 juta untuk masyarakat kurang mampu dalam membuka usaha. Tim terus melakukan pengawasan dengan tujuan agar dana UED SP kembali diekola sesuai peruntukannya.

Sementara Khairizal kepada FokusRiau.Com menegaskan, dana UED SP bantuan pemerintah provinsi tersebut supaya dikelola desa sesuai aturan.

"Jangan sampai bantuan UED SP dikelola desa melenceng dari aturan. Apalagi dana tersebut nilainya ratusan juta menggunakan sistim bergulir, untuk membantu masyarakat membuka usaha dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Wabup mengimbau agar dana UED SP dikelola sesuai aturan dan tepat sasaran untuk menwujudkan masyarakat desa yang sejahtera. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version