x
Kapolda Kepri Narasumber Bedah Buku Integritas di Tengah Kabut Idealisme

Kapolda Kepri Narasumber Bedah Buku Integritas di Tengah Kabut Idealisme

Sabtu, 13 Januari 2018
BATAM-Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Didid Widjanardi tampil sebagai salah satu narasumber dalam acara bedah buku ‘Integritas di Tengah Kabut Idealisme’ garapan Dedi Mahardi, yang telah menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Selain Kapolda, turut tampil sejumlah narasumber, yaitu penasehat MUI Sumbar dan Dewan FPRB H. Mas’oed Abidin dan Dedi Mahardi sendiri selaku penulis buku. Ketua Turn Back Hoak Kepri, Petra Tarigan, bertindak sebagai moderator pada acara di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Jumat (12/1/2018).

Dipaparkan dalam buku itu, sejumlah pakar dan tokoh di NKRI seperti Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif salah satu guru Bangsa mengatakan bahwa penilaian terhadap Komjen Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT telah mendedikasikan dirinya membangun karakter bangsa yang perlu dicontoh demi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

“Komjen Pol Suhardi Alius dinilai sebagai salah satu yang memiliki karakter utama dari tokoh bangsa yang patut di teladani sebagai tokoh inspiratif Indonesia,” kata Maarif dalam buku yang ditulis Dedi Muhardi tersebut.

Kapolda Kepri mengatakan, dalam buku tersebut mengulas tentang kepemimpinan dan pembelajaran hidup sosok seorang Suhardi Alius yang memiliki salah satu tantangan nyata dalam melawan terorisme.

“Pak Suhardi Alius merupakan seorang polisi berpangkat Komisaris Jenderal dan sekarang beliu sebagai perwira tinggi polri yang dipercayakan sebagai Kepala BNPT. Yang salah satu tugasnya, mempertahankan keutuhan dan kesatuan bangsa ini dari ancaman dan gangguan terorisme,”kata Irjen Didid.

Menurut pandangan Kapolda, buku ini sangat menginspirasi kepada kita seorang sosok Polri yang memiliki integritas dalam membangun negeri ini dengan memberikan hal yang terbaik sebagai pembelajaran yang paling efektif adalah keteladanan.

“Perlu dipahami bersama bahwa ancaman terbesar terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik yang mengerikan, tetapi justru serangan propaganda yang secara massif menyasar pola pikir dan pandangan masyarakat itulah yang lebih berbahaya,”ujarnya.

Ia juga menyebutkan salah satu kelompok teroris yang sangat meresahkan akhir-akhir ini adalah kelompok yang mengatasnamakan diri Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS).

“Kelompok radikal terorisme baru ini semakin hari semakin meresahkan. Pengaruh propaganda dan agitasi yang bernuansa kekerasan, permusuhan, penghasutan dan ajakan untuk bergabung telah banyak menyasar masyarakat, terlebih sasaran target mereka yang sangat rentan adalah kalangan generasi muda,”ungkapnya.

Kapolda Kepri berharap dengan melakukan bedah buku ini membuat semua  berinspirasi untuk melakukan yang terbaik terhadap bangsa dan negara, dan semua bertekad untuk mencontoh Komjen Pol Suhardi Alius dalam kepemimpinan dan pembelajaran hidup.

“Sehingga banyak Suhardi – Suhardi Alius lainnya yang akan muncul,” harapnya.

Usai membedah buku tersebut, para peserta diberikan kesempatan untuk Diskusi dan tanya jawab. Selanjutnya dilakukan Penyerahan buku dari Dedi Mahardi kepada Gubernur, Wakapolda Kepri, Walikota Batam, Kapolres Tanjungpinang dan Kakanim Batam.

Turut hadir Gubernur kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda polda Kepri,Ka BNN Provinsi Kepri,Deputi 5 BP Batam, Dir Pam BP Batam,Kepala BP2TKI, Ketua MUI provinsi Kepri,Para pejabat utama Polda Kepri, Walikota Batam, Kepala Imigrasi Kota Batam dan para undangan.

Sebelumnya, Buku yang berjudul Integritas Di Tengah Kabut Idealisme telah dilakukan Bedah Buku di Auditorium Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta Pusat dan acara launching dan bedah buku ini mengundang sejumlah narasumber.

Di antaranya adalah Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif salah satu Guru Bangsa, Suryo Pramono, Direktur utama Metro TV, dr. Zainal Arifin Mochtar,SH., LL/M, Ketua pusat kajian anti korupsi (pukat UGM), Ali Fauzi Manzi,S.Pd, M.Pd, Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian/mantan kombatan. (r/indra h piliang)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version