x
Kemunculan Jejak Kaki Harimau di Pelalawan Riau Membuat Takut Warga
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

Kemunculan Jejak Kaki Harimau di Pelalawan Riau Membuat Takut Warga

Sabtu, 29 Februari 2020, 15:46:51
PELALAWAN-Warga Desa Kuala Tolam, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau sejak beberapa hari terakhir dilanda ketakutan setelah ditemukannya jejak kaki harimau Sumatera. Informasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Sabtu (29/2/2020) menyebut, sang raja hutan muncul di area perkebunan sawit warga.

Menurut BKSDA, kemunculan harimau diketahui warga setelah ada hewan ternak milik warga yang mati dalam kondisi mengenaskan. Atas laporan itu, 23 Februari 2020 lalu BKSDA langsung menurunkan tim. 

Karena memang tak ada saksi yang melihat wujud sang harimau, petugas akhirnya memasang kamera pemantau dan hasilnya. Wujud si harimau tak jua tertangkap kamera. "Yang tertangkap kamera hanya babi hutan, beruk, monyet ekor panjang dan macan akar," tulis BKSDA.

Dua hari kemudian, BKSDA kembali mendapatkan laporan dari warga. Tim pun kembali dikerahkan. Saat itu, memang benar di kebun sawit warga ditemukan sapi yang sudah mati, tubuh bagian belakang terkoyak-koyak dan terdapat bekas cakaran.

Untungnya, tim BKSDA akhirnya menemukan petunjuk penting terkait kemunculan harimau. Di lokasi bangkai sapi ditemukan jejak kaki sang harimau.  "Panjangnya 13 sentimeter, lebarnya 11 sentimeter," tulis BKSDA.

Temuan itu cukup menggemparkan, karena sudah dapat dipastikan kematian sapi disebabkan oleh harimau. Tim pun memasang kamera di lokasi temuan jejak harimau dan membiarkan bangkai sapi tetap berada di lokasi.

Hanya saja untuk sementara waktu warga dilarang beraktivitas di sekitar lokasi, takutnya si harimau muncul dan bisa berbahaya. Namun sampai hari ini, sosok si raja hutan belum juga bisa terlihat, warga diminta tak resah dan tetap waspada. Diduga harimau itu turun gunung karena lapar. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version