x
Kenali Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Kanker dan Diabetes
Buah naga bisa mencegah kanker dan diabetes. (Foto:Sajansedap)

Kenali Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Kanker dan Diabetes

Minggu, 25 Agustus 2019, 07:17:15
PEKANBARU-Buah-buahan memang sangat terkenal manfaatnya dan sangat bagus untuk kesehatan, karena kandungan vitamin pada buah sangat banyak dan sangat dibutuhkan tubuh. Beberapa macam buahan dipercaya dapat membantu mencegah adanya penyakit berat, seperti kanker, diabetes, jantung dan lainnya. 

Seperti buah yang satu ini, buah Naga Merah. Buah ini dikenal sebagai buah yang dapat mencegah beberapa penyakit-penyakit kronis. Buah Naga dihasilkan dari tanaman berjenis Cactaceae atau kaktus-kaktusan. 

Buah Naga berasal dari marga Hylocereus dan Salenicereus dan sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya bisa mencegah penyakit berat atau kronis, seperti kanker dan diabetes. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Mencegah Kanker
Buah Naga kaya dengan antioksidan Phytoalbumin yang bisa membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik di dalam tubuh. Selain itu, buah naga kaya akan serat, fosfor, kalsium, Vitamin C dan Vitamin B2 yang dapat membantu mengeluarkan racun logam dari dalam tubuh dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit kanker.

Karena kandungan antioksidannya tinggi, buah naga bisa mencegah kanker. Kandungan tersebut dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Tetapi perlu diingat, pencegahan kanker tidak hanya dengan mengkonsumsi buah naga saja, namun harus diseimbangkan dengan pola hidup sehat, memperhatikan asupan makanan dan mengimbanginya dengan berolahraga. 

Mengatasi Diabetes
Manfaat lainnya bisa mengatasi penyakit diabetes. Meskipun rasanya yang manis, buah ini tidak berpengaruh kepada penderita penyakit diabetes. Bahkan buah naga sendiri sangat di anjurkan untuk penderita diabetes.

Namun buah naga juga memiliki efek samping tersendiri, jika mengkonsumsinya berlebih maka akan menyebabkan diabetes, karena buah naga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Terlebih jika konsumsinya dikombinasikan dengan gula atau bahan pemanis lain, sehingga dapat memicu gula darah yang tinggi yang menyebabkan munculnya gejala atau penyakit diabetes.

Jadi intinya, jangan terlalu berlebih mengkonsumsi makanan, meskipun itu banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang di sesuaikan merupakan salah satu kunci agar hidup sehat dan terhindar dari gejala dan penyakit. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Nuisonk.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version