x
Kesehatan Orang Indonesia Semakin Memburuk, Penyakit tidak Menular Meningkat
Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (Foto:Istimewa)

Kesehatan Orang Indonesia Semakin Memburuk, Penyakit tidak Menular Meningkat

Selasa, 16 Juli 2019, 07:30:35
JAKARTA-Jumlah kasus penyakit tidak menular (PTM) meningkat di seluruh Indonesia. Ini dilihat dari data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yang dikeluarkan Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, IPKM sub-indeks penyakit tidak menular tahun 2018 tumbuh negatif dibanding 2013. Ini menunjukkan kondisi kesehatan orang Indonesia semakin buruk dari tahun ke tahun.

"Ini double burden. Artinya kalau kita tidak berbuat sesuatu, data Balitbang sudah menunjukkan PTM 70 persen akan meningkat," kata Nila usai peluncuran IPKM di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Berdasarkan data IPKM, tidak ada satupun sub-indeks penyakit tidak menular di 34 provinsi Indonesia menunjukkan hasil baik. Meskipun secara umum, angka IPKM nasional meningkat.

IPKM dihasilkan dari penilaian 30 indikator yang masuk dalam tujuh sub-indeks penilaian tiap provinsi, yaitu kesehatan balita, kesehatan reproduksi, perilaku kesehatan, pelayanan kesehatan, penyakit tidak menular, penyakit menular, pelayanan kesehatan, dan kesehatan lingkungan. Dari seluruh sub indeks tersebut, hanya sub-indeks PTM yang memburuk.

Padahal, menurut Nila, penyakit tidak menular sangat bisa dicegah dengan mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Nila mengaku berkali-kali mengingatkan agar masyarakat Indonesia melakukan pola hidup sehat dengan makan makanan gizi seimbang, konsumsi buah dan sayur, olahraga dan periksa kesehatan secara rutin.

Dikatakan, mencegah penyakit tidak menular agar tidak terus meningkat bukan hanya bisa dilakukan dengan intervensi di setiap provinsi Indonesia, melainkan harus masyarakat itu sendiri yang mengubah perilaku.

"IPKM menunjukkan seluruh provinsi PTM nya jelek, artinya ini sudah masalah nasional, masalah kita semua. Kita minta intervensi dari provinsi pasti, tapi secara nasional kita harus teriak dan mengatakan ke masyarakat juga," kata Nila. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version