x
Komisi IV DPRD Siak Berencana Memanggil Manajemen PT IKPP Soal PHK Puluhan Karyawan

Komisi IV DPRD Siak Berencana Memanggil Manajemen PT IKPP Soal PHK Puluhan Karyawan

Minggu, 14 April 2019, 19:58:36
SIAK-Komisi IV DPRD Siak berencana untuk memanggil manajemen PT Indah Kiat Pulp and Puper (IKPP) Perawang. Pemanggilan dilakukan untuk meminta penjelasan soal pemberhentian sepihak karyawan perusahaan bersangkutan.

Ketua Komisi IV DPRD Siak Marudut Pakpahan mengatakan, soal atasan dari karyawan PT IKPP yang memberikan nilai D kepada puluhan karyawan tentu harus dipertanyakan. Karena hal itu telah menyebabkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para karyawan.

“Kami akan mempertanyakan kepada perusahaan soal alasan atasan yang memberikan nilai D selama dua tahun berturut-turut kepada para karyawannya. Akibatnya terjadi pemutusan hubungan kerja,” kepada Marudut Pakpahan, kepada awak media, kemarin.

Adapun langkah yang akan diambil Komisi IV DPRD Siak, dalam waktu dekat akan melakukan hearing (dengar pendapat) dengan managemen PT IKPP. “Kami berencana akan memanggil pihak managemen PT IKPP untuk mengadakan hearing setelah selesai Pemilu 2019 ini,” tuturnya.

Marudut mengaku banyak mendapat laporan dari karyawan PT IKPP perihal nilai D yang diberikan selama dua tahun berturut-turut dan berujung PHK.

“Ini sangat tidak objektif, karena kenyataan di lapangan kepala seksi dan kepala departemen tidak mengakui memberikan nilai D. Hal ini memicu munculnya dugaan unsur suka atau tidak suka terhadap seseorang dan tidak objektif,” imbuhnya.

Marudut berharap, manajemen PT IKPP Perawang dan serikat pekerja dapat menjelaskan nanti perihal pemberian nilai D tersebut.

“Kurang lebih ada sekitar puluhan karyawan yang melapor ke kita. Kita juga mendesak kepada pihak perusahaan bubur kertas itu untuk dapat lebih transparan memberikan nilai D, tidak ada unsur lain serta lebih mengutamakan profesionalisme,” tukasnya. (*)






Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version