x
Lakukan Inovasi Berani, Carlim Berharap Bupati Mursini Bisa Hadir di Panen Rayanya
Carlim melakukan inovasi mengganti swit jadi holtikultura. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

Lakukan Inovasi Berani, Carlim Berharap Bupati Mursini Bisa Hadir di Panen Rayanya

Jumat, 12 Oktober 2018, 08:18:30
KUANSING-Program pembangunan yang dilakukan Bupati Mursini di Kuansing, ternyata belum semua dirasakan masyarakat, khususnya bidang pertanian. Penyebabnya adalah pemahaman petani tentang kelembagaan dan ekpos kegiatan dengan melibatkan pemerintah masih sangat minim. 

Seperti dialami Carlim. Petani yang berdomisili di Desa Marga Sari, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing tersebut mengaku sudah memiliki ide berani dan penuh resiko. Dimana Carlim berani menumbangkan batang sawitnya yang tertanam di lahan seluas 10 hektare untuk kemudian dirobah menjadi lahan hortikultura. Alhasil, ide beraninya tersebut membuahkan hasil.

Keberhasilan Carlim tersebut kemudian diketahui FokusRiau.Com setelah Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Indonesia Cabang Kuantan Singingi menggelar rapat pembentukan Pengurus KTNA Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), Kamis kemarin di Kantor Desa Kuantan Sako.

Saat itu, Sekretaris KTNA Kuansing Imrialis memaparkan perlunya keberanian petani melakukan inovasi dan berada dalam naungan sebuah lembaga. Melalui lembaga seperti kelompok tani atau koperasi, petani berhak mendapatkan perhatian pemerintah kabupaten bahkan provinsi.

Dikatakan, pengurus KTNA dibentuk sampai ke kecamatan untuk menginventarisir keberadaan kelompok tani di Kuansing, sehingga pemerintah bisa mengetahui arah kebijakan untuk petani itu sendiri.

Koordinator Pertanian Kecamatan LTD Rohmat menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran pengurus KTNA Kuansing dalam pembentukan pengurus KTNA Kecamatan LTD. Sehingga hal ini bisa mensupport petani di LTD.

Sebagai informasi, Carlim sendiri tergabung dalam kelompok tani Makmur Sentosa di Desa Marga Sari dan sudah melakukan budidaya holtikuktura di lahan 10 hektare. Dalam lahan itu, Carlim menanam semangka, cabe, kacang tanah dan sebagainya dengan cara rotasi tanam.

"Tentu kami selaku pendamping di LTD berharap, Kelompok Tani Makmur Sentosa bisa mendapatkan program bantuan dari pemerintah. Untuk langkah awal, DPC KTNA Kuansing akan memfasilitasi agar saat panen raya cabe nantik Bupati Mursini bisa hadir," harap Rohmat. (*)








Penulis: Jhon Hendri 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version