x
Medio Juli-Agustus 2019, Riau Mengalami Puncak Musim Kemarau
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

Medio Juli-Agustus 2019, Riau Mengalami Puncak Musim Kemarau

Jumat, 23 Agustus 2019, 15:39:36
PEKANBARU-Kepala Badan Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau Sukisno mengungkapkan, Riau mengalami puncak musim kemarau medio Juli-Agustus 2019. Saat itu, Riau akan mengalami hari tanpa hujan.

"Riau akan mengalami hari tanpa hujan. Umumnya berkisar antara 20 sampai 30 hari tidak terjadi hujan, bahkan ada beberapa daerah sampai 60 hari," kata Sukisno, Kamis kemarin di Pekanbaru.

Dikatakan, fenomena yang mempengaruhi curah hujan adalah angin monsun yang bersumber dari Australia yang sifatnya kering atau musim kemarau di Indonesia juga dipengaruhi adanya suhu muka laut di perairan Indonesia.

Umumnya, suhu permukaan laut di perairan Indonesia lebih dingin dari normalnya sehingga proses penguapan berkurang untuk pembentukan awan. Selain itu juga adanya siklon tropis menyebabkan massa uap air utamanya di wilayah Riau terbawa ke arah timur laut atau siklon tropis.

"Akan tetapi diprediksi memang potensi hujan di wilayah Riau bagian utara dan tengah masih akan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya.

Karena itu, masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah agar agar tidak terpapar langsung dengan kabut dan asap yang bisa merusak kesehatan itu. Saat puncak musim kemarau itu, masyarakat diminta untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar. Karena asap yang ditimbulkan bisa berdampak pada kesehatan. (*)

 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version