x
Menanti Putusan Mendagri Soal Penetapan Tapal Batas Inhu-Kuansing
Raja Fahrurozi S.Sos. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Menanti Putusan Mendagri Soal Penetapan Tapal Batas Inhu-Kuansing

Jumat, 11 Oktober 2019, 13:57:40
INDRAGIRI HULU-Penyelesaian tapal batas Kabupaten Inhu dengan Kuansing sampai sekarang masih belum bisa dituntaskan. Untuk solusinya, kedua daerah menunggu keputusan hasil sinkronisasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Demikian disampaikan Kepala Bagian Pertanahan Setdakab Inhu Riau Raja Fahrurozi S.Sos kepada FokusRiau.Com, Jumat (11/10/2019). 

Dikatakan, tim penegasan batas daerah dari Kuansing dan Inhu sudah tiga kali melakukan pertemuan di kantor Gubernur Riau. Pada pertemuan ketiga dihadiri perwakilan Kemendragri, namun masih belum menemukan jalan penyelesaian.

Pemkab Inhu sebulan lalu sudah menyerahkan semua data kepada Pemprov Provinsi Riau untuk ditindaklanjuti ke Mendagri. Kini tinggal menunggu hasil sinkronisasi dari Mendagri.

"Jadi sudah tiga kali dilakukan pertemuan oleh tim penegasan batas daerah di kantor gubernur, namun belum ada solusinya. Karena dari Batu Rizal Barat, Kuansing ada 150 meter yang harus ditarik ke Inhu. Tapi Pemkab Kuansing tidak mau dan ada dua daerah yang masih jadi perbedaan pemahaman, yakni Sungai Danau Lesung dan Sungai Lesung," ujarnya.

Ditambahkan, Inhu sendiri sudah dirugikan selama ini. Karena berdasarkan peta, izin pengelolaan lahan perkebunan sawit PT TBS diberikan oleh Kuansing. Sementara sekitar 5000 hektare lahannya masuk wilayah Inhu," tukasnya. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version