x
Menelisik Peran Strategis PKK dalam Pembangunan Kabupaten Inhu
Ketua TP PKK Rezita Yopi Arianto SE memberikan arahan. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Menelisik Peran Strategis PKK dalam Pembangunan Kabupaten Inhu

Minggu, 15 Desember 2019, 12:03:43
INDRAGIRI HULU-Pemerintahan Kabupaten Inhu di bawah kepemimpinan Bupati H Yopi Arianto SE dan H Khairizal MSi terus menggerakan seluruh komponen di masyarakat dan organisasi pemerintahan daerah (OPD) dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Inhu.

Sinergitas antar lembaga dan stakeholder yang ada terus digenjot, termasuk dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Kehadiran PKK terbukti mampu mendukung pembangunan Inhu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

TP PKK Inhu dipimpin Rezita Yopi Arianto SE kini terus menerus merealisasikan 10 program PKK untuk kesejahteraan masyarakat dan keluarga. Dalam perbincangan santai dengan wartawan FokusRiau.Com, Jumat (13/12/2019), Rezita mengatakan, dalam membangun kesejahteraan keluarga dan masyarakat Inhu, tahun 2019 sudah dilaksanakan sejumlah kegiatan positif oleh PPK Inhu.

Kegiatan dimaksud adalah lomba masak menu serba olahan ikan lokal tingkat Kabupaten Inhu. Lomba tersebut diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat, khususnya ibu rumah tangga dalam mengolah dan menjadikan ikan sebagai menu utama keluarga. 

"Kita ingin ibu rumah tangga di Inhu kreatif dalam mengolah makanan berbahan ikan lokal. Karena ikan mengandung protein tinggi dan baik untuk kesehatan keluarga," ujarnya.

Dikatakan, lomba masak menu serba olahan ikan diharapkan bisa membangun gizi anak-anak dalam keluarga di Kabupaten Inhu. Karena ikan memiliki gizi tinggi dan baik sebagai asupan anak-anak. Secara nasional, anak anak harus mengutamakan ikan sebagai menu makanan guna menghindari stunting.

  Ketua TP PKK Rezita Yopi Arianto SE menjenguk pasien RSUD Indrasari. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)
 
Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di 14 kecamatan di Inhu, menurut Rezita, PKK Inhu juga tengah melakukan berbagai kegiatan Pokja di desa, seperti pembinaan ibu rumah tangga sempena Hari Kesatuan Gerak (HKG) PPK di desa dan program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera serta program Kecamatan Saya Ibu (KSI).

"Pokja sebagai inti PKK juga telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan kerjasama dengan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu serta Dinas Kesehatan sebagai mitra kerja PKK dalam membangun kesehatan keluarga masyarakat Inhu. Semua dilakukan untuk mendukung program pemkab," tuturnya.

Tahun 2019, kata Rezita, PKK juga giat memberdayakan ibu ibu kreatif untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Kegiatan itu sudah dilaksanakan di Kecamatan Kelayang dengan mengelolah pohon pisang sebagai usaha baru masyarakat.

"Pisang memiliki banyak manfaat. Buahnya bisa dimakan, jantung pisang bisa diolah menjadi kripik atau makanan olahan dan batangnya juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku membuat sirup. Inilah yang kami laksanakan sekarang," ujarnya. 

Disebut, 10 program PKK semua bertujuan untuk mendukung pembangunan Inhu, terdiri dari penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan. Kemudian pengembangan hidup dan koperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. 
 
  Ketua TP PKK Rezita Yopi Arianto SE (kiri) menilai HKG kecamatan. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com) 
 
"Dengan dukungan bupati Yopi Arianto dan wabup Khairizal, PKK Inhu bersama OPD dan Pemerintah Desa di 14 kecamatan tentunya akan terus bersinergi mendukung pembangunan Pemkab Inhu dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga masyarakat Inhu," tukasnya.

Terakhir, Rezita menyebut, 10 program pokok PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga sehat sejahtera, maju dan mandiri sesuai visi dan misi Pemkab Inhu Sejahtera. (adv kominfo Inhu/obrin)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version