x
MK Putuskan Seluruh Parpol Diverifikasi Faktual, KPU Pekanbaru Tunggu Aturan Pusat
Arwin Saidi.(Foto: Istimewa)

MK Putuskan Seluruh Parpol Diverifikasi Faktual, KPU Pekanbaru Tunggu Aturan Pusat

Jumat, 12 Januari 2018, 08:38:23
PEKANBARU-Pasca dikabulkannya permohonan uji materi UU Pasal 173 ayat 1 dan 3 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, hingga detik ini belum tahu kapan verifikasi terhadap partai peserta Pemilu 2014 itu akan dilaksanakan. 

"Ya, kita masih menunggu bagaimana keputusan KPU Pusat, apakah akan mengeluarkan peraturan baru, surat edaran atau bagaimana. Kita menunggu itu," kata Arwin Saidi, komisioner KPU Kota Pekanbaru kepada FokusRiau.Com, Jumat (12/1/2018).

Sebelumnya, Pasal 173 ayat (1) berbunyi, "Partai Politik Peserta Pemilu merupakan partai politik yang telah ditetapkan/lulus verilikasi oleh KPU".

Sementara, Pasal 173 ayat (3) berbunyi, "Partai politik yang telah lulus verilikasi dengan syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak diverifikasi ulang dan ditetapkan sebagai Partai Politik Peserta Pemilu".

Dengan ketentuan dua pasal ini, maka partai politik yang telah lolos verifikasi Pemilu 2014 tidak diverifikasi ulang dan langsung ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019.

Uji materi ini sendiri diajukan oleh Partai Idaman dengan nomor registrasi 53/PUU-XV/2017 yang merasa keberatan, di mana 10 partai peserta Pemilu 2014 dalam UU Pemilu nomor 7 Tahun 2017 tidak perlu diverifikasi faktual. 

Setelah keluarnya putusan MK, kemungkinan tahapan-tahapan Pemilu yang elah berjalan saat ini akan diundur, mengingat waktu yang terbatas untuk melakukan verifikasi faktual terhadap 10 partai ini.(andi affandi)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version