x
Pantau Harimau Sumatera, BBKSDA Pasang Kamera Trap di Kampar Riau
Ilustrasi harimau Sumatera. (Foto:Antara)

Pantau Harimau Sumatera, BBKSDA Pasang Kamera Trap di Kampar Riau

Sabtu, 14 Desember 2019, 09:21:05
PEKANBARU-Tim Rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau. Di lokasi itu sempat ditemukan jejak kaki Harimau Sumatera dan membuat resah masyarakat.

"Memang beberapa hari terakhir ditemukan jejak kaki satwa yang diduga Harimau Sumatera. Dari laporan warga, lalu kami ike lokasi ternyata benar," ujar Humas BBKSDA Riau Dian Indrati, Sabtu (14/12/2019).

Selain memasang kamera trap, tim BBKSDA, Yayasan TNTN, Rimba Langit Foundation, Babinkamtibmas dan Tim Mitigasi Konflik Satwa Desa Karya Indah bersama sama melakukan sosialisasi dan koordinasi di wilayah tersebut.

Mereka juga melakukan pemasangan poster dan papan informasi. "Poster itu berisi tips menghindari satwa Harimau," tuturnya.

Dian menyebut, pemasangan kamera trap untuk melacak dan memantau pergerakan satwa liar dilindungi itu. Kamera trap akan dipasang di beberapa titik.

Tim juga melakukan identifikasi jejak di Km 6 dan Km 7 serta areal sekitar Sungai Sibam. Dua kamera trap dipasang di sekitar titik yang diperkirakan jadi perlintasan si hewan bernama latin atau Panthera tigris sumatrae tersebut.

"Di sana banyak ditemukan jejak. Tim memperkirakan bahwa jejak Harimau Sumatera yang dijumpai merupakan jejak tiga hari yang lalu," tutur Dian.

Saat ini, tim maupun aparat Desa Karya Indah tidak ada menerima laporan lanjutan soal keberadaan jejak Harimau Sumatera. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version