x
Pelalawan Berlakukan Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor Sampai Akhir 2018
Pelalawan masih bertatus siaga banjir dan longsor. (Foto:Tribunpekanbaru)

Pelalawan Berlakukan Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor Sampai Akhir 2018

Kamis, 29 November 2018, 11:04:20
PELALAWAN-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan Hadi Penandio mengatakan, Pelalawan sekarang masih memberlakukan siaga darurat banjir dan longsor. Status ini berakhir sampai akhir tahun nanti.

"Kita (Pelalawan) masih berstatus siaga darurat banjir dan longsor. Itu berlaku mulai 16 Oktober sampai 31 Desember mendatang," kata Hadi Penandio, Kamis (29/11/2018).

Dikatakan, Rabu lalu terjadi peningkatan debit air di Daerah Aliran Sungai Kampar. Saat itu, ketinggian air 3,14 meter atau mengalami kenaikan air setinggi 5 cm dibanding sehari sebelumnya.

Ketinggian air 3,14 meter tersebut bertahan, Kamis (29/11/2018). "Kenaikan debit air ini diperkirakan karena dari hulu. Soalnya di Pelalawan sudah tiga hari ini tidak hujan," ungkapnya.

Hadi kembali mengingatkan warga Pelalawan khususnya yang berada di pinggiran sungai Kampar agar tetap waspada. Sebab diperkirakan Desember nanti terjadi curah hujan tertinggi di musim hujan. "Hasil dari BMKG serta tahun-tahun sebelumnya, musim hujan itu Oktober sampai Februari. Puncaknya Desember," ujarnya.

Dia berharap, warga terdampak kenaikan debit air saat ini agar selalu waspada. Pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan BMKG, PLTA Koto Panjang dan pihak lainnya. (*)

 
 



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version