x
Pemkab Inhu Taja Rapat KLHS RTRW 2019-2039, Sekda Hendrizal: Untuk Pembangunan Berkelanjutan
Rapat konsultasi publik penyusunan KLHS RTRW. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Pemkab Inhu Taja Rapat KLHS RTRW 2019-2039, Sekda Hendrizal: Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Senin, 15 Juli 2019, 18:58:37
INDRAGIRI HULU-Sekeretaris Daerah Kabupaten Inhu Hendrizal mengatakan, konsultasi publik sempena penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) penting dilakukan Pemkab Inhu sebagai syarat menyusun KLHS RTRW tahun 2019-2039.

"Tujuan KLHS untuk mewujudkan RTRW dengan mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan sesuai Undang-undang," kata Hendrizal kala membuka rapat konsultasi publik sempena penyusunan KLHS RTRW Kabupaten Inhu tahun 2019-2039 di ruang rapat Thamsir Rachmat lantai IV Kantor bupati Inhu, Senin (15/7/2019).

Rapat diikuti ESDM Provinsi Riau, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Dinas Lingkungan Hidup Inhu, camat, DPRD Inhu, pelaku usaha, tenaga ahli, Tim Pokja dan LSM.

Penyusunan RTRW tetap berorientasi pada pembangunan perekonomian Inhu. Sebelum mengeluarkan rekomendasi, diperlukan data lahan dan hutan di Inhu. Karena pembangunan memerlukan izin,  apalagi wilayah Inhu 36 persen merupakan gambut yang mengandung ekosistem dan hayati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Inhu Ir Selamat MM mengatakan, rapat untuk meminta masukan dalam percepatan penyusunan RTRW Inhu tahun 2019-2039 dalam mewujudkan visi dan misi bupati Inhu.

Pusat Studi Lingkungan UNRI Suwondo usai rapat mengatakan, KLHS menindaklanjuti RTRW Perda Provinsi Nomor 10 tahun 2018 yang mewajibkan kabupaten menyusun RTRW. Dalam menyusun RTRW harus ada kajian lingkungan hidup strategis.

Rekomendasi nanti ada empat, seperti lingkungan dan aspek ekonomi, aspek sosial dan terakhir hukum dan tata kelola pertimbangan dalam pembangunan berkelanjutan pertumbuhan ekonomi di Inhu kedepan. (*)





Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version