x
Pemkab Meranti Berencana Membangun Pelabuhan Pengumpan Lokal
Salah satu pelabuhan di Meranti. (Foto:Istimewa)

Pemkab Meranti Berencana Membangun Pelabuhan Pengumpan Lokal

Sabtu, 11 Mei 2019, 12:34:48
MERANTI-Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, Riau berencana membangun pelabuhan pengumpan lokal. Saat ini, sedang sudah mulai memasuki tahap inventarisasi pelabuhan.

Kepala Dishub Kepulauan Meranti DR Aready menyebut, di Meranti terdapat 56 pelabuhan. Sebagian besar dalam kondisi rusak dan kurang layak pakai. Pelabuhan ini merupakan peninggalan dari Kabupaten Bengkalis, sebelum Kepulauan Meranti dimekarkan. 

"Pelabuhan yang masih bagus hanya sekitar 16 persen dari keseluruhan 56 pelabuhan di Meranti," ujar Aready, Sabtu siang.

Meski menjadi infrastruktur prioritas untuk wilayah kepulauan, Areadi mengakui, membangun jembatan butuh biaya yang banyak. Untuk itu, Pemkab Meranti melalui Dishub berencana akan membangun pelabuhan pengumpan lokal. Yaitu membangun satu pelabuhan yang bisa dimanfaatkan oleh beberapa desa berdekatan.

"Membangun pelabuhan investasi besar. Saat ini kita sedang menginventarisasi, sedang kita rancang untuk dibangun pelabuhan pengumpan lokal," ujar Aready.

Menanggapi wacana tersebut, Ketua Fraksi PPP-PKB yang juga anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti Dedi Putra SHI mengaku sangat setuju. Sebab, dengan dibangunnya pelabuhan pengumpan lokal ini, bisa menghemat biaya, lebih efektif dan tidak mengurangi manfaat. "Setuju, itu bisa menghemat biaya," kata Dedi.

Hanya saja, menurut Politisi PPP itu, pembangunan pelabuhan pengumpan lokal jangan sampai terkesan dipaksakan. Dinas terkait harus betul-betul memperhatikan infrastruktur jalan. Akses menuju pelabuhan tersebut harus ada dan bagus. Sehingga bisa dilalui masyarakat menuju pelabuhan. "Perhatikan betul jalan penghubung menuju pelabuhan. Kalau tidak ada, jangan dipaksakan (membangun)," tukasnya. (*)




 
Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version