x
Pemkab Rohil Miliki Laboratorium Lingkungan, Suyatno: Perusahaan Kini Bisa Uji Limbah Disini
Bupati Suyatno memukul gong tanda laboratorium diresmikan. (Foto:Joni/FokusRiau.Com)

Pemkab Rohil Miliki Laboratorium Lingkungan, Suyatno: Perusahaan Kini Bisa Uji Limbah Disini

Senin, 13 Agustus 2018, 13:25:29
ROKAN HILIR-Bupati Suyatno AMp meresmikan penggunaan laboratorium lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jalan Kecamatan Batu 4 Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil, Senin (13/8/2018).

Seperti diketahui, salah satu aspek penting yang mempengaruhi efektif dan efisien pengelolaan lingkungan hidup di suatu daerah adalah ketersediaan sarana laboratorium. Sebab, laboratorium lingkungan akan menghasilkan data valid dan reliable, tidak terbantahkan serta dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah maupun hukum dalam pengambilan keputusan menyangkut analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal). 

Karena itu, peran dan fungsi laboratorium lingkungan sangat vital dalam mendukung tugas pemerintah. Terutama bagi instansi berwenang dalam pengelolaan lingkungan hidup, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Keberadaan laoratoium penting dalam menyediakan data kualitas lingkungan yang akurat dan valid bagi kepentingan monitoring pencemaran lingkungan suatu wilayah. Selain itu, laboratorium dapat digunakan sebagai alat bukti penegakan hukum lingkungan. 

Saking pentingnya laboratorium lingkungan, sering diibaratkan sebagai jantung pada manusia. Artinya, sistem pengelolaan lingkungan tidak berjalan efektif dan efisien tanpa didukung laboratorium.
 
 
Bupati Suyatno menandatangani prasasti peresmian laboratorium lingkungan. (Foto:Joni/FokusRiau.Com) 
 
Dengan dasar inilah, Dinas Lingkungan Hidup Rohil membangun laboratorium lingkungan yang sekarang diresmikan bupati. Dengan labor tersebut, diharapkan seluruh perusahaan kelapa sawit, rumah sakit, klinik dan hotel serta usaha air minum isi ulang bisa menguji sampel limbah cairnya di Rohil, tanpa harus jauh ke Pekanbaru atau Medan.

"Untuk tahap awal, labor lingkungan ini baru bisa menguji 12 parameter air. Dengan demikian, diharapkan ke depan akan bisa menambah pendapatan bagi daerah," kata Kepala DLH Rohil Suwandi usai peresmian.

Suwandi menyebut, laboratorium di Rokan Hilir dibangun sesuai dengan standar nasional. Diharapkan, selain bisa memudahkan perusahaan, hotel dan rumah sakit dalam melakukan uji sampel limbahnya juga mampu menambah pendapatan bagi daerah. 

"Hari ini, laboratorium sudah diresmikan bupati. Kita imbau dan sesuai perintah bupati, semua PKS di Rohil harus menguji limbahnya di Rohil. Hemat biaya dan murah dibandingkan dengan daerah lain seperti Pekanbaru ataupun Medan," ujar Suwandi.
 
 
Bupati Suyatno membuka selubung papan nama laboratorium lingkungan. (Foto:Joni/FokusRiau.Com) 
 
Sementara itu, Bupati Suyatno usai meresmikan penggunaan laboratorium lingkungan menyebut, laboratorium ini merupakan yang kedua di Riau setelah Rokan Hulu. Suyatno mengapresiasi kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang telah melakukan inovasi, demi memberikan pelayanan maksimal kepada publik, seperti perusahaan dan masyarakat dalam hal uji limbah.

"Secara pribadi, saya apresiasi inovasi yang dilakukan DLH. Ini bagus, silahkan kelola dengan baik. Saya imbau semua perusahaan dan Rumah Sakit atau Klinik di Rohil untuk melakukan uji laboratorium di sini saja," titah Suyatno.

Selain meresmikan laboratorium, pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian piagam penghargaan Adiwiyata tingkat kepada 22 sekolah di Rohil, termasuk 15 PKS yang dinilai taat dan patuh dalam menjaga lingkungan dan perizinan serta lima tokoh pembina lingkungan. (adv/humas)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version