x
Pemko Targetkan 3.800 Sambungan Air ke Rumah Warga

Pemko Targetkan 3.800 Sambungan Air ke Rumah Warga

Minggu, 11 Mei 2014, 15:59:03
DUMAI-Pemerintah Kota Dumai menargetkan pemasangan 3.800 sambungan air bersih ke rumah warga tahun 2014 ini, menggunakan pembiayaan dari ABPD Kota Dumai. Menurut Walikota, Khairul Anwar, pengelolaan jaringan air bersih sambungan ke rumah warga akan diserahkan kepada perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Dumai Bersemai.

“Melalui anggaran murni tahun ini, ditargetkan sekitar 3.800 rumah sudah dapat menikmati jaringan air bersih dengan pengelola perusahaan daerah,” kata Khairul, Jumat (10/5) lalu kepada wartawan di Dumai.

Dijelaskan, untuk mewujudkan penyediaan air bersih, Pemko Dumai sudah mengalokasikan anggaran tahap awal sebesar Rp10,3 miliar dengan teknis pekerjaan dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Dumai. PDAM Tirta Dumai Bersemai merupakan bentukan kerja profesional Pemko Dumai ini, menurut Khairul, telah ditunjuk pemerintah untuk mengelola jaringan air bersih dengan proyeksi dapat berkontribusi pemasukan keuangan daerah.

“Pengelolaannya diharapkan dapat dijalankan secara profesional dan lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dibanding mengejar keuntungan semata. Karena ini dilakukan demi kepentingan orang banyak,” paparnya.

Diketahui, Pemko Dumai melalui Dinas PU telah melaksanakan pemasangan jaringan air bersih di Kecamatan Medang Kampai yang kini dinikmati sekitar 1.200 sambungan rumah dengan debit air mencapai 8 liter per detik.

Sementara Kepala Dinas PU Dumai, Joni Amdani menyatakan, pembangunan jaringan air bersih tersebut merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang kerap mengeluhkan kesulitan air. “Penyediaan air bersih tetap menjadi prioritas Pemko Dumai dan akan dilakukan secara bertahap hingga ke-7 kecamatan yang ada,” imbuhnya.

Walikota, Rabu (7/5) kemarin telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengawas, Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai yang dilaksanakan di balai-balai kediaman Walikota jalan Putri Tujuh Dumai. Pelantikan dan pengambilan sumpah berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Nomor 50/PEREKO/2014dalam SK itu disebutkan, Ir Rahmansyah diangkat menjadi Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai dan Ir Rony sebagai Dewan pengawas PDAM Tirta Dumai Bersemai.

Pada kesempatan itu, Walikota mengatakan, pelantikan Direktur dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Daerah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dumai Bersemai merupakan amanah yang telah tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 09 Tahun 2007 tentang Pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum dan Pelayanan Air Minum di Kota Dumai yang direvisi beberapa pasal dengan Perda Kota Dumai Nomor 2 Tahun 2014. Kata Walikota

Menurutnya, pelantikan ini hakekatnya ingin mewujudkan apa yang disebut sebagai Good Coorporate Governance (Tata Kelola Perusahaan yang Baik) sebagai  langkah strategis dalam rangka membina ekonomi kerakyatan ditempuh melalui upaya pencarian sumber-sumber pembiayaan pembangunan di daerah secara lebih mandiri. Untuk itu diperlukan suatu Badan Usaha Milik Daerah yang berwenang mengelola asset dan potensi daerah di Dumai.

“Dalam pengelolaan BUMD Kota Dumai diharapkan dapat menjadi pilar penopang roda pembangunan ekonomi di Kota Dumai. Karena itu, BUMD Dumai membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki kompetensi dibidangnya, terutama kemampuan manajerial yang nantinya diharapkan dapat menakhodai BUMD Kota Dumai kearah pencapaian prestasi gemilang yang menjadi kebanggaan kita bersama,” harapnya.

Selain itu, Khairul berharap, seluruh direksi PDAM harus memiliki kemampuan manajerial dan waktu yang cukup untuk membahas permasalahan tanpa campur tangan pihak-pihak lain, memiliki kompetensi dan pengtahuan yang luas terutama tentang aturan hukum perundang-undangan untuk dasar pengambilan keputusan dan berpartisipasi secara aktif dalam penetapan agenda dan strategi perusahaan.

Mengingat manajemen/Direksi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan efesiensi dan daya saing perusahaan, sedangkan Dewan Pengawas bertanggung jawab untuk mengawasi manajemen, maka Dewan Pengawas merupakan pusat ketahanan dan kesuksesan perusahaan.

“Saya yakin, Direktur terpilih ini telah melewati serangkaian test termasuk fit and proper test dan uji kelayakan. Ini adalah sosok pemimpin terpilih yang memiliki kemampuan dan konsep aplikatif secara terpadu, sehingga nantinya diharapkan dapat membawa PDAM Kota Dumai menjadi BUMD terunggul, terpercaya dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Dumai,” ujarnya.

Sementara Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai, Ir. Ramhamsyah usai dilantik kepada wartawan mengatakan, dirinya akan menyelesaikan tugas-tugasnya setelah diberi amanah menduduki jabatan sebagai Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai, serangkaian tugas sudah menanti untuk memenuhi keinginan masyarakat Dumai akan air bersih.

“Setelah dilantik hari ini, saya punya dua program, program jangka panjang dan program jangka pendek, untuk jangka pendek memaksimalkan kondisi yang ada yakni mewujudkan 40 liter/detik atau 3800 sambungan air bersih kerumah seperti yang diharapkan Walikota. Selanjutnya, dari 40 liter/detik akan ditingkatkan menjadi 160 liter/detik atau sama dengan melayani 12.800 masyarakat,” bebernya.

Terakhir, Ir Rahmansyah berjanji akan membantu Pemerintah menyelesaikan persoalan air bersih dikota Dumai yang telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Dumai. “Untuk itu, kami buruh dukunagn semua pihak agar mampu mengelola PDAM Tirta Dumai Bersemai menjadi PDAM terbaik di Riau khususnya dalam menyediakan air bersih bagi warga Dumai,” tukasnya. (adv/hms)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version