x
Pemprov Kepri Kini Gunakan E-Samsat Bank Riau Kepri untuk Pembayaran Pajak Kendaraan
Penandatanganan MoU penerapan sistem e-samsat. (Foto:Istimewa)

Pemprov Kepri Kini Gunakan E-Samsat Bank Riau Kepri untuk Pembayaran Pajak Kendaraan

Senin, 06 Mei 2019, 09:14:01
BATAM-Provinsi Kepri sekarang telah resmi menggunakan aplikasi e-samsat Bank Riau Kepri. Dengan demikian, Bank Riau Kepri ke depan bisa memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore smartphone android. 

Program tersebut merupakan kerjasama antara Bank Riau Kepri dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kepulauan Riau, Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Riau dan PT. Jasa Raharja (Persero) Kepri yang ditandatangani dalam MoU layanan informasi dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui aplikasi e-samsat Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (2/5/2019) di Hotel Harmoni One Batam. 

Kepala BP2RD Kepulauan Riau Dra. Hj. Reni Yusneli, MTP bersama Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Roy Ardhya Candra dan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Dwi Sasono, MT, MBA dan Pemimpin Bank Riau Kepri Cabang Batam Burhan SE secara langsung menandatangani MoU tersebut. 

“Program e-samsat merupakan langkah maju pelayanan publik dalam pembayaran pajak Kendaraan bermotor Tahunan dan masyarakat diberi kemudahan untuk pembayaran pajak tahunan ini. Pembayaran dapat dilakukan melalui seluruh jarungan ATM Bank Riau Kepri atau langsung datang ke seluruh Unit Kantor Bank Riau Kepri di Riau dan Kepulauan Riau,” ujar Burhan. 

Kombes Pol Roy Ardhya mengapresiasi program e-samsat tersebut. “Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi yang baik dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, prosedur, ketentuan biaya dan pelayanan informasi publik. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Selain itu sebagai formulasi nawacita yang kedua Presiden Republik Indonesia cepat, tepat, transparan, profesional dan akuntabel,” ujar Roy.

Sementara itu, Dwi Sasono menyampaikan, layanan e-samsat merupakan layanan unggulan yang memiliki sisi strategis guna merubah persepsi masyarakat atas bentuk pelayanan yang disediakan pemerintah. Perubahan persepsi ini diharapkan meningkatkan ketaatan dan kepatuhan masyarakat dalam melakukan kewajibannya selaku pemilik kendaraan bermotor.

Dra. Hj. Reni Yusneli menambahkan, tahun 2019 BP2RD sudah mengembangkan inovasi samsat elektronik atau yang disebut dengan e-samsat Kepri yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri untuk menjangkau masyarakat wajib pajak yang lebih luas.

“Untuk menjangkau masyarakat wajib pajak yang lebih luas BP2RD berkolaborasi dengan Bank Daerah diharapkan semua masyarakat kepri dapat terjangkau dengan layanan e-samsat ini dengan tujuan masyarakat mudah melakukan pembayaran pajak,” tukasnya. (*)





Penulis: Syafriadi
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version