x
Polres Inhu Tetapkan Warga Pematangreba Sebagai Tersangka Karhutla
Pelaku dan barang bukti diamankan polisi. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Polres Inhu Tetapkan Warga Pematangreba Sebagai Tersangka Karhutla

Rabu, 18 September 2019, 17:45:19
INDRAGIRI HULU-Polres Inhu menetapkan seorang lelaki berinisial IS (32), warga Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat.

Penetapan tersangka dilakukan berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan penyidik dipimpin Kasat Reskrim AKP Febriandy SH, S.IK. Penyidik telah memeriksa dari 4 saksi, yakni dua saksi dari KPBD Inhu dan dua masyarakat sipil berikut barang bukti saru mancis dan dua kayu arang bekas terbakar.

Kapolres AKBP Dasmin Ginting kepada FokusRiau.Com, Rabu (18/9/2019) mengatakan, kejadian bermula saat pelaku didapati tim gabungan karhutla yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan KPBD tengah berada di lokasi kebakaran yang menghanguskan lahan hampir 2 hektare lebih.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, IS akan dikenakan pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) UU RI No. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan berikut pasal 187 KUHP dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda Rp10 miliar.

Kapolres AKBP Dasmin Ginting mengimbau masyarakat dan perusahaan yang memiliki lahan supaya menjaga lingkungan dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar. "Karena dapat membahayakan diri sendiri dan lingkungan. Mari berperan aktif untuk menanggulangi karhutla di Inhu," tukasnya. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version