x
PT Musim Mas Lakukan Penanaman Kebun Kemitraan di Pelalawan
Wabup Zardewan melakukan penanaman perdana. (Foto:Istimewa)

PT Musim Mas Lakukan Penanaman Kebun Kemitraan di Pelalawan

Rabu, 20 Maret 2019, 18:14:45
PELALAWAN-PT Musim Mas, melalui anak perusahaannya PT Sinar Agro Raya (SAR) melakukan penanaman perdana kebun kemitraan kas desa seluas 5 hektare di Desa Kiab Jaya, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (20/3/2019).

Ini merupakan komitmen PT Musim Mas untuk meningkatkan kesejahteraan desa serta memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan. Manajer Humas PT Musim Mas, Ibrahim mengatakan program penanaman kelapa sawit ini merupakan aksi keberlanjutan dari hasil kemitraan dengan Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-I).

"Tahun 2015, PT SAR sudah melaksanakan pembangunan proyek Biogas Plant dengan memanfaatkan Palm Oil Mill Effluent (POME), yakni limbah cair yang dihasilkan pabrik kelapa sawit. POME inilah yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik," ungkapnya.

Dengan adanya proyek ini, kata Ibrahim pihaknya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan secara tidak langsung membantu pendistribusian elektrifikasi di Indonesia. "Hal ini sejalan dengan kebijakan keberlanjutan kami untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan," ucapnya.

Menurut Ibrahim, proyek Biogas Plant saat ini telah beroperasional. Melalui proyek ini pula, lahirlah program Kebun Kemitraan Kas Desa Kiab Jaya. "Pemberian kebun seluas lima hektare ini diperoleh dari pembiayaan yang berasal dari sebagian keuntungan bersih penjualan listrik Biogas Plant kepada PT PLN (Persero)," tambahnya.

Pihak pemerintah sangat menyambut baik program Kebun Kemitraan Kas Desa Kiab Jaya ini, yang diharapkan mampu dikelola dengan baik oleh masyarakat Desa Kiab Jaya bekerja sama dengan PT SAR sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

"Kebun Kemitraan Kas Desa Kiab Jaya yang dibangun ini akan menjadi aset desa sehingga desa memiliki dana yang berkelanjutan dari hasil produksi kebun. Tak hanya itu, diharapkan kas desa yang dihasilkan dari Kebun Kemitraan ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah masyarakat seperi pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, pemuda, petani maupun ibu-ibu setempat atau kebutuhan pembangunan desa lainnya," papar Ibrahim.

Acara penanaman perdana Kebun Kemitraan Kas Desa Kiab Jaya ini dihadiri oleh jajaran pemerintahan setempat seperti Wakil Bupati Pelalawan, Camat, Kepala Desa, Dinas Perkebunan dan masyarakat. (*)






Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version